oleh

Cegah Tangkal Radikalisme,Kodim 0907/Tarakan Gelar Komsos.

ALTADURINUSANTARA.COM. SAMARINDA,–  Dalam rangka pembinaan teritorial terpadu tahun 2019, Kodim 0907/Trk menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) cegah dan tangkal radikalisme,di Aula Kodim 0907/Tarakan (Trk), Kamis(28/11/2019).

Pembinaan Komsos ini dilaksanakan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh komponen Bangsa dalam rangka mewujudkan suatu kemampuan untuk mengantisipasi dan mencegah masuknya paham radikalisme/Separatisme serta memberikan pemahaman kepada para warga, tokoh masyarakat, agar memahami paham radikalisme.

Mewakili Dandim,Kasdim 0907/Trk Mayor Inf Thohar Menjelaskan Paham radikalisme adalah aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan kekerasan yang mengarah kepada disintegrasi bangsa,”.

Radikalisme juga dapat menjadi terorisme yang berujung pada sifat intoleran, terlalu fanatik, dan anarkis,dengan tujuan merubah ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila , seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945,”guna memecah belah NKRI, jelasnya.

Ia menegaskan kepada masyarakat terutama generasi muda agar jangan mudah terpengaruh terhadap isu-isu yang tidak benar dan diharapkan bisa membangun bangsa dan negara sehingga lebih maju,aman dan sejahtera.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak terpengaruh terhadap kelompok maupun gerakan yang dapat merusak ideologi Pancasila, dan berani melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila mengetahui akan adanya gerakan/kelompok tersebut.Tegasnya.

“Kita wujudkan saling pengertian dan pemahaman tentang peran, fungsi dan tugas masing-masing,untuk mewujudkan suatu kemampuan komponen bangsa serta ikut mengantisipasi serta mencegah terhadap muncul dan masuknya paham Radikalisme/Separatisme dalam perkembangan kondisi sosial yang pesat,”Pungkasnya.

Sumber Penrem 091/ASN

News Feed