oleh

Wujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat, Babinsa Long Apari Perbatasan RI-Malaysia Rehab Sarana Olah Raga

ALTADURINUSANTARA.COM, SAMARINDA– Ketahanan nasional di perbatasan tidak hanya diwujudkan melalui penguatan alat utama sistem kesenjataan (alutsista), melainkan dengan pembangunan interaksi dan penetrasi yang intens antara prajurit dan rakyat sebagai bagian dari konsep pertahanan semesta.

Babinsa menjadi ujung tombak dalam membaca serta mendeteksi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dapat merusak sendi-sendi pertahanan negara.

“Unsur Babinsa ujung tombak dalam mewujudkan kesadaran bela negara. Ia harus mampu membaur dengan masyarakat, bisa mengelola dan menguasai kondisi sosial di tengah-tengah masyarakat.

Guna mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat, Babinsa Koramil Long Apari Sersan Dua Novie mengajak Babinkamtibmas Polsek Long Apari beserta masyarakat melaksanakan gotong royong perehaban sarana olahraga (Lapangan Bulu Tangkis) kampung Long Krioq, Selasa (22/10/2019).

Dandim 0912/Kutai Barat Letkol Inf Anang Sofyan Effendy menuturkan “Olahraga memang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia, seperti sepak bola, bola voly, bulu tangkis, tenis, basket dan lain sebagainya. Olahraga tersebut sangat diminati oleh hampir semua lapisan masyarakat mulai dari pelosok sampai ke kota-kota besar”.

“Kegemaran masyarakat dalam berolahraga kadang tidak didukung dengan fasilitas olahraga yang memadai akan tetapi adapula yang memiliki fasilitas olahraga yang layak tetapi tidak dipelihara dan dirawat dengan baik atau karena sudah termakan usia sehingga fasilitas tersebut menjadi rusak”, jelasnya.

“Seperti di Kampung Long Krioq Kecamatan Long Apari berbatasan langsung dengan Negara tetangga yakni Malaysia, warga kampung tersebut memiliki fasilitas olahraga berupa lapangan badminton  atai disebut juga bulu tangkis, akan tetapi tidak terpelihara dan tidak terawat dengan baik sehingga disekeliling lapangan tersebut sudah terlihar rusak dan ditumbuhi oleh rumput-rumput liar serta cat lapangannya pun sudah memudar”, ungkapnya.

 “Kegiatan ini bertujuan selain untuk melestarikan semangat gotong royong sekaligus memberikan motifasi kepada pemuda kampung Sosial untuk berbuat positif melalui kegiatan olahraga khususnya dalam olahraga badminton dan Sinergitas TNI – POLRI di perbatasan juga sangat baik, mereka selalu bersama dalam menjaga perbatasan dalam hal ini keamanan dan ketertiban Masyarakat Long Apari”, tutupnya.

Permenas Ters selaku Tokoh Masyarakat Kampung Long Krioq sangat berterimakasih dan mengapresiasi kegiatan Babinsa Long Apari yang telah menyumbangkan tenaga, menyumbangkan cat serta membantu menggerakkan warga khususnya pemuda kampung Sosial untuk membersihkan dan memperbaiki lapangan tersebut. “Saya berharap agar dengan adanya fasilitas olahraga ini, nantinya akan muncul pemain-pemain muda yang handal yang dapat mengharumkan nama daerah ini di tingkat nasional”. Ujarnya.

Sumber Penrem 091/ASN

News Feed