oleh

ACARA ZIARAH DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI PATRIOTIK KE-78 PROVINSI GORONTALO

ALTADURINUSANTARA.COM – Dalam rangka memperingati Hari Patriotik ke-78 Provinsi Gorontalo yang tepat pada hari Kamis tanggal 23 Januari 2020, Satgas Yonif 713/Satya Tama yang juga merupakan satuan berasal dari Provinsi Gorontalo ini pertama kalinya memperingati Hari Patriotik Provinsi Gorontalo di daerah Penugasan tepatnya di Perbatasan Papua. Hal tersebut tidak menjadikan alasan untuk Satya Tama tidak memperingati hari besar Patriotik ini meskipun berada di daerah penugasan di tanah Papua. Dalam kesempatan kali ini dilaksanakan kegiatan Ziarah bersama Satgas Yonif 713/ST bersama rombongan KKIG (Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo) Provinsi Papua bertempat di Taman Makam Pahlawan Kesuma Trikora Waena Kota Jayapura Provinsi Papua.  Kamis (23/01/2020).

Sebagai Warga Negara Indonesia kita harus sadar pentingnya untuk memperingati hari Patriotik dimana tidak kita sadari tanpa adanya para Pahlawan pendahulu kita tentunya bangsa Indonesia tidak akan seperti pada saat ini merdeka dan tidak terjajah oleh bangsa lain. Sosok pahlawan yang digambarkan penuh dengan perjuangan dan pengorbanan dalam rangka merebut kemerdekaan sekarang ini tidak harus dengan bercucuran darah dan air mata, dimasa sekarang ini kita sebagai Warga Negara Indonesia cukup dengan memperingati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan serta berjuang untuk menjadikan Indonesia menjadi Negara yang hebat dan maju.

Dengan melaksanakan kegiatan ziarah seperti ini tentunya akan meningkatkan rasa Nasionalisme dan Kebangsaan kita sebagai seorang Warga Negara Indonesia, seperti halnya yang dilaksanakan oleh Satgas Yonif 713/ST bersama dengan KKIG (Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo) Provinsi Papua yang bersama-sama melaksanakan Ziarah di Taman Makam Pahlawan Kesuma Trikora Waena dalam rangka memperingati Hari Patriotik ke-78 Provinsi Gorontalo.

Hadir dalam kegiatan ini DR. Drs. Benhur Tomi Mano, M.M. (Walikota Jayapura), DR. Merlan Uloli, S.E., M.M. (Ketua DPD KKIG Prov Papua), Hj. Rakhtim Akuba, S.T. (Ketua Panitia), Kapten Inf Simon Freddy Pasaribu (Wadansatgas Yonif 713/ST), Bapak Alex Deu, S.pd., M.Pd. (ketua DPC KKIG Kota Jayapura), Lettu Inf M. Hanif Purwanto (Pasiminlog Satgas Yonif 713/ST), Letda Inf H.R. Sitorus (Danpos Nafri), Anggota Satgas Yonif 713/ST, Sesepuh Gorontalo yg tinggal di Jayapura dan Warga Gorontalo yg tinggal di Jayapura.

Dalam kesempatan ini DR. Drs. Benhur Tomi Mano, M.M. (Walikota Jayapura) mengungkapkan “Peringatan Hari Patriotik ini sudah memasuki ke 78 dihitung dari 23 Januari 1942 silam, dengan waktu yang terus berjalan dan tidak kita sadari kitapun semakin menua tentunya kita juga tidak akan lupa dengan sejarah Negara Indonesia terutama sejarah dari Gorontalo dimana kita sendiri merupakan orang yang berasal dari Gorontalo meskipun kita sekarang sedang di tanah rantau tidak di Gorontalo tetap kita memperingatinya seperti halnya pada saat ini kita memperingatinya dengan melaksanakan Ziarah di Taman Makam Pahlawan Kesuma Trikora Waena”, ungkapnya. (red)*

Breaking News