oleh

BABINSA DESA SANGLAR MELAKSANAKAN PENDAMPINGAN ANGGOTA KELOMPOK TANI PANEN DEMPLOT PERTANIAN PADI

ALTADURINUSANTARA.COM|

Sanglar, –  Koramil Jajaran Kodim 0314/Indragiri Hilir yang tersebar di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir terus melaksanakan upaya khusus pertanian di wilayah binaan masing-masing.  Hal ini dilakukan guna mewujudkan swasembada pangan sesuai yang diprogramkan pemerintah.

Kali ini  Koramil 07/Reteh melalui Babinsa Desa sanglar Serda Harianto melaksanakan pendampingan panen Demplot padi di lahan yang dikelola anggota Kelompok Tani  Mekar subur, Pimpinan bpk Sukadi, Rw 04 Rt Desa Sanglar, Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Rabu (12/06/2019).

Di lahan seluas Dua hektar yang ditanami dua jenis padi varietas cisokan dan IR 42 sebagai pembanding jenis varietas yang lebih banyak menghasilkan butiran padi , panen padi dilakukan secara manual dengan bantuan buruh tani dari desa sekitar. Bahkan pada panen padi tersebut juga mendatangkan mesin perontok semi mekanik milik Poktan.

Serda Harianto yang turun langsung mendampingi di lokasi, mengatakan perkiraan produktivitas panen padi varietas ir 42 mencapai 5120 kilogram gabah kering panen atau 5,12 ton gabah kering panen dalam satuan hektar untuk jenis Ir 42, Sedangkan untuk jenis varietas ci sokan 5920 kg per hektar

“Hal ini didasarkan pada hasil pengubinan dan panen padi hari pertama yang dilakukan sehari sebelumnya bersama PPL dan Poktan, Selasa (11/06).  Saat itu dalam luas ubinan 2,5 meter x 2,5 meter atau sama dengan 6,25 meter didapat padi seberat 3,2 kilogram.  Hasil ini (5120 kg,- red) dikalikan 10.000 dibagi 6,25 (luas ubinan) maka akan didapat angka 5120 kilogram atau 5,12 ton per hektar”, untuk varietas ir 42 sedangkan hasil ubinan untuk varietas cisokan  3,7 kg x 10 000 di bagi 6,25 dengan hasil 5920 kg atau 5,92 ton per hektar,terang babinsa

Pada kesempatan berbeda, Danramil 07/Reteh  Kapten Arm Syahrul Effendi, menuturkan aktifitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa ini dimulai sejak pengolahan lahan, pemilihan benih, masa tanam dan masa perawatan tanaman  hingga masa panen tiba.

“Pengawalan dan pendampingan yang dilakukan Babinsa merupakan upaya khusus di bidang pertanian untuk membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan. Bila hasil panen melimpah maka pendapatan petani akan bertambah dan dengan sendirinya swasembada pangan akan tercapai”, ungkap Danramil.

Breaking News