oleh

Babinsa Koramil 07/Reteh Siapkan Demplot Tanaman Padi Sebagai Media Percontohan.

ALTADURINUSANTARA.COM – Benteng Sei Batang, Untuk melaksanakan pendampingan Upsus dalam rangka mensukseskan swasembada pangan di bidang pertanian khususnya tanaman padi, Koramil 07/Reteh, Jajaran Kodim 0314/Inhil bersama PPL dan Poktan melaksanakan penanaman padi di lahan sawah yang rencana untuk Demplot.

Lahan Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian secara langsung kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat, mempraktekan dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Hal itu untuk mempermudah masyarakat dalam menanam padi karena bisa melihat langsung di lapangan bahkan bisa langsung praktek, seperti yang dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 07/Reteh Sertu M Jupri bersama PPL melaksanakan tanam padi sistem Demplot di Persawahan seluas 20 x 200 M dengan Jenis  Padi lembu Sawah dengan pola tanam yang tergabung dalam kelompok  tani jempol parit H hasan  Kecamatan Sei Batang, Rabu (18/03/2020).

Program pemerintah terkait pencapaian swasemba pangan ini, Babinsa harus bisa membuktikan mengharap sawah dan siap menjadi contoh bagi para kelompok tani dan secara teknis saling menjalin kerjasama antara Babinsa dengan PPL dan kelompok tani jempol.

Selain itu melalui kegiatan sosialisasi dan praktek penanaman sistem Demplot, bertujuan mengajak petani untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan menuju swasembada pangan nasional.

“Dengan di adakan demplot ini nantinya agar para petani mau mengikuti pola tanam dan tentunya juga cara perawatan dan pemupukan yang tepat dan benar agar dapan menghasilkan panen yang maksimal dan lebih meningkat dari sebelumnya.” Tandas Sertu M Jupri (Dani)*

Breaking News