oleh

Babinsa Koramil 09/NL Apresiasi Kreatif Ibu-Ibu Desa Sei Tampang “Keterampilan Anyaman Dari Bahan Lidi Kelapa Sawit”

Altadurinusantara, Labuhanbatu – Ide kreatif dari  Desa Sei Tampang wilayah Babinsa Koramil 09/NL  yang memberi nilai tambah bagi warganya.

Ini dibuktikan oleh se kelompok masyarakat Desa Sei Tampang Kec.Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. Jika sebelumnya di wilayah mereka bekas pelepah sawit hanya dibakar dan dibuang sebagai sampah tak berguna, kini hal tersebut tak lagi mereka lakukan.

Sebagian warga telah mendapatkan pemasukan dari lidi pelepah pohon sawit, di luar buah kelapa sawit yang selama ini menjadi pendapat gantungan sebagian masyarakat setempat.

Pendapatan dari olahan limbah itu juga tak terhitung kecil. Lidi yang tadinya dibuang percuma, oleh masyarakat setempat diolah lagi, setelah dibersihkan dengan arit, dijemur untuk kemudian dijadikan bahan dasar untuk sejumlah kerajinan.

Bentuk kerajinannya bermacam-macam. Mulai dari piring, keranjang buah, dan bermacam aneka kerajinan lain. “Sekarang, lidi-lidi tersebut telah menjadi sumber yang bernilai rupiah bagi tangan-tangan kreatif,” kata Babinsa, penggagas kerajinan lidi di Desa itu, Kamis, (10/6/2021).

Kades sengaja mendatangkan pelatih khusus ibu Sumiati dan yusmiati dari Rantauprapat, guna melatih masyarakat terutama kaum ibu. Pelatihan diberikan selama tiga hari mulai dari menyiapkan bahan mentah, hingga berwujud barang bernilai rupiah. Kalau sebelumnya masyarakat hanya mampu membuat piring dari bahan lidi tersebut, maka lewat pelatihan oleh spesialis, aneka barang bisa dibuat.

Dari pelatihan ini juga, masyarakat punya harapan untuk bisa membuat beragam variasi barang serta meningkatkan volume produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar.

“Dengan pelatihan ini, dan kreatifitas yang diberikan kami harap dapat bersaing di pasar,” kata Juliani siregar salah seorang warga yang ikut pelatihan.

*”BERSAMA KITA BISA BERBUAT YANG TERBAIK”*

Breaking News