oleh

Babinsa Koramil 0902-04/Trd Hadiri Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Peta Alam dan Resiko Bencana Alam

Berau, ALTADURINUSANTARA.COM- Babinsa Koramil 0902-04/Trd Pelda Mugianto hadir dalam Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Peta Alam dan Resiko Bencana Alam. Upaya penanganan bencana pada saat ini, mengalami perubahan paradigma maupun tindakan, yaitu dengan menitikberatkan pada partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana. Jadi masyarakat bukan hanya sekedar menjadi korban/objek dari bencana namun juga sebagai pelaku dari penanggulangan bencana.

Metode yang tepat dalam penanganan bencana sekarang ini adalah Kesiapsiagaan Bencana berbasis masyarakat. program berbasis masyarakat yang mendorong pemberdayaan kapasitas masyarakat untuk menyiagakan diri dalam mencegah serta mengurangi dampak dan resiko bencana yang terjadi lingkungannya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Berau, berterimah kasih banyak TNI khususnya Babinsa yang mempunyai banyak tanggung jawab di wilayah yang selalu hadir ditengah tengah kita apa lagi saat ini sudah masuk dalam Tim BPBD.

Kami selaku Dinas BPBD melakukan upaya upaya penanganan dampak bencana dan pengurangan resiko. Program ini diterapkan di daerah rawan bencana seperti banjir, longsor, gempa bumi, gunung meletus, gelombang pasang/tsunami dan dimana masyarakatnya mudah bekerjasama (bergotong royong) untuk melaksanakan upaya mitigasi atau pengurangan resiko.

Sosialisasi dan edukasi kepada masyrakat daerah rawan bencana terus dilakukan oleh BPBD Kabupaten Berau yang sudah dibuatkan diwilayah masing-masing dampak bencana alam melakukan giat pendampingan kepada masyarakat untuk dapat berdaya mengatasi kejadian bencana alam di wilayah.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam merespon dan memitigasi dampak / risiko bencana. Maka upaya pengurangan risiko bencana adalah dengan peningkatan kapasitas masyarakat dan mengurangi kerentanan yang ada di masyarakat. (Red)*

Breaking News