oleh

BABINSA KORAMIL 0902-04/TRD MONITOR POS GABUNGAN PENGAMANAN OBYEK VITAL NASIONAL (OBYEK VITAL) 

Berau, ALTADURINUSANTARA.COM|-  BABINSA KORAMIL 0902-04/TRD MONITOR POS GABUNGAN PENGAMANAN OBYEK VITAL NASIONAL (OBYEK VITAL) bersama Babinkabtibmas, Dimensi ancaman dan gangguan keamanan dari waktu ke waktu kian berkembang dengan beragam risiko dan dampaknya.  seperti Bandara, Pelabuhan, tempat pengolahan, penyimpanan dan distribusi BBM, sistem Suplai Air, dan lain-lain.

Ancaman dan gangguan keamanan terhadap Obvitnas pada akhirnya secara langsung maupun tidak langsung berdampak terhadap sistem perekonomian nasional, dan pada tingkatan tertentu juga berdampak terhadap stabilitas politik, sistem penyelenggaraan negara serta keamanan nasional.

Berdasarkan sifat-sifat ancaman dan dampak keamanan yang disebutkan dalam Keppres diatas, maka sektor-sektor yang dapat dikategorikan sebagai Obvitnas adalah telekomunikasi, Transportasi (Darat, Laut dan Udara).

Meskipun telah ditetapkannya Keppres No. 63/2004 dan Pedoman Sistem Pengamanan Obyek Vital Nasional, namun implementasi sistem pengamanan Obvitnas masih dirasa belum optimal. Banyak Obvitnas yang belum memiliki sistem pengamanan yang sesuai standar dengan standar yang telah ditetapkan serta rawan terhadap ancaman gangguan keamanan. (Red)

Breaking News