oleh

Babinsa Koramil 11/ PBR Menghimbau Jangan Buang Sampah Sembarang Tempat

ALTADURINUSANTARA.COM- Babinsa Koramil 11/Pulau Burung Serma Ardi Kusno menghimbau warga tentang  pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan ke dalam selokan (drainase), sungai atau parit di desa Pulau Burung Kecamatan Pulau Burung, Jum’at (06/03/2020).

Saat Babinsa berkeliling di desa yang merupakan wilayah binaan , Babinsa melihat pemandangan tak sedap di pandang mata saat melintas jalan di parit 1 areal pertokoan dan di warung jualan sarapan pagi, terlihat tumpukan sampah, mulai dari sampah popok, kulit durian, sampah plastik dan sampah rumah tangga lainnya yang dibuang disana. Tentunya pemandangan seperti ini akan menimbulkan aroma yang tak sedap dan dapat menimbulkan penyakit dari tumpukan sampah itu.

“Saiful anwar, salah-satu warga setempat yang tinggal tak jauh dari tempat itu mengaku resah dengan banyaknya warga yang membuang sampah sembarangan.”

“Setahu saya tidak boleh buang sampah sembarangan, apalagi disini tidak ada tong sampah yang disiapkan khusus oleh pemerintah.  Apabila musim hujan, berdampak terjadinya penyumbatan saluran air dan menimbulkan air naik ke jalan perkampungan pedesaan,” kata dia.

Sementara itu,  Babinsa Koramil 11/Pulau Burung Serma Ardi Kusno mengatakan, “Di saat musim penghujan, tumpukan sampah bisa menjadi sarang nyamuk dan sumber penyakit, dan disaat panas atau kemarau membakar sampah bisa mengakibatkan terbakarnya rumah atau pekarangan rumah karena lokasi tanah di Pulau Burung tergolong kebanyakan masih tanah Gambut.

Hal ini “Kalau dibiarkan terus tampa di tangani akan bisa jadi sarang nyamuk dan sumber penyakit, Apa lagi tempatnya yang dekat dengan pemukiman warga  atau perumahan. Ini bisa saja nyamuk pembawa penyakit juga ikut menyebar,” ucapnya.

Pak babinsa juga menambahkan, kalau hal ini dibiarkan, tampa ada kepedulian pasti warga menganggap diperbolehkan buang sampah di sini dan akan semakin banyak sampah yang menumpuk.

“Saya akan berkoordinasi dengan kepala Desa untuk bagaimana solusi terbaiknya guna menyediakan tempat sampah, atau bagai mana sampah yg ada ini bisa di kelola menjadi pupuk kompos atau home industri lainnya,” tambah Babinsa. (Dani)*

Breaking News