oleh

Babinsa Koramil 19/ Sipahutar Kodim 0210/TU Praka R. Tampubolon Lakukan Sosialisasi Pencegahan Stunting (Anak bertumbuh Pendek) 

Tapanuli Utara, ALTADURINUSANTARA.COM –

(04/02/20). Babinsa Koramil 19/ Sipahutar Kodim 0210/TU Praka R. Tampubolon melaksanakan kegiatan sosialisasi stunting dan beri bantuan makanan tambahan untuk Lansia dan Balita di Desa Siabal Abal IV Kecamatan Sipahutar kabupaten Tapanuli Utara Sumatera Utara.

Kepala Desa Siabal Abal IV bapak Untung Simanjuntak yang didampingi Bides ibu Rouli Simanjuntak mengatakan “Kegiatan Sosialisasi ini dilakukan tentang pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi, stunting (anak bertumbuh pendek) bagi masyarakat di Desa ini. Hal itu dilakukan supaya warga mengetahui persis tentang stunting dan cara pencegahannya.” urai Kepala Desa.

Babinsa Koramil 19/ Sipahutar Praka R. Tampubolon  menguraikan “Sosialisasi pencegahan stunting di Desa Siabal Abal IV ini dengan melibatkan tenaga medis, unsur Muspika, dan lembaga lainnya.” terang Praka R. Tampubolon

“Balita stunting karena  kondisi gagal tumbuh pada tubuh, dan otak akibat kekurangan gizi  dalam waktu yang lama. Sehingga,  lebih pendek  dari  anak normal seusianya dan memiliki keterbatasan dalam  berpikir.  Kondisi gagal tumbuh pada anak balita di bawah lima tahun sebagai akibat dari kekurangan gizi kronis.” terang Babinsa

Terkait terjadinya stunting, Babinsa menjelaskan, penyebab utama kekurangan gizi dalam waktu lama. Selain itu, terjadi sejak janin  dalam kandungan sampai awal kehidupan anak atau kondisi 1.000 hari pertama sejak kelahiran. Kemudian, rendahnya asupan vitamin dan mineral serta berbagai sebab lainnya.

“Langkah antisipasi agar balita tidak mengalami stunting yakni memperbanyak makan makanan bergizi, kecukupan gizi bagi remaja perempuan agar ketika mengandung. sehingga saat dewasa tidak kekurangan gizi,” sebutnya. (Brt)

Breaking News