oleh

Babinsa Koramil 406-04/Muara Lakitan Beri Pelatihan Linmas

ALTADURINUSANTARA.COM|Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan serta dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta kegiatan sosial kemasyarakatan. Istilah Linmas (Perlindungan Masyarakat) telah mengalami distorsi pengertian sehingga terjebak dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi dalam masyarakat yaitu fungsi Linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil (Hansip).

Babinsa Koramil 406-04/Muara Lakitan Kodim 0406/Musirawas Serma Rudiyanto bersama Bhabinkamtibmas Polsek Megang Sakti melaksanakan Pembinaan Pertahanan Wilayah (Bintahwil) dengan kegiatan melakukan pembinaan dan pelatihan anggota Linmas se-Kecamatan Megang Sakti Kababupaten Musirawas bertempat di Polsek Megang Sakti.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, Babinsa Koramil 406-04/Muara Lakitan Serma Rudiyanto menjelaskan, bahwa dalam pembinaan dan pelatihan anggota Linmas ini dibuka oleh Camat Megang Sakti Bapak Herry Ahmadi dan dilanjutkan dengan penyampaian materi pelatihan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas. “Kegiatan pembinaan Linmas ini bertujuan mendidik dan melatih disiplin anggota Linmas sehingga setiap anggota Linmas dapat mengimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat. Linmas sebagai bagian masyarakat harus dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat Bela Negara”, jelas Serma Rudiyanto.

Materi pelatihan yang disampaikan meliputi latihan dasar baris-berbaris (PBB) dengan tujuan untuk meningkatkan disiplin, pembinaan mental, jiwa korsa atau kebersamaan kepada rekan sesama Linmas serta loyalitas yang tinggi atas perintah atasan, tertanam juga jiwa patriotisme cinta terhadap bangsa dan tanah air. “Sedangkan untuk pemberian bekal pengamanan TPS menjelang Pemilu 2019, disampaikan anggota Bhabinkamtibmas”, tutup Rudiyanto.(Red,Brt)

Breaking News