oleh

Babinsa Latih PBB Kedisiplinan Peserta Pramuka Penggalang di MA DDI

ALTADURINUSANTARA.COM – PULAU KIJANG,”–
Untuk melatih kedisiplinan generasi muda sejak dini, Babinsa Koramil 07/Reteh Kodim 0314/Inhil Serda Surya Wibowo melaksanakan kegiatan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada peserta Pramuka Penggalang Siswa/i, yang bertempat di MA DDI ,Pulau Kijang, Kecamatan Reteh, Kabupaten Inhil Minggu (01/03/2020).

Kepada awak media Danramil 07/Reteh Kapten Arm Syahrul Effendi melalui Serda Surya Wibowo mengatakan bahwa, PBB merupakan suatu wujud fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup suatu organisasi masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya perwatakan tertentu.

Ada banyak kegiatan dalam pramuka, mulai dari berkemah, simpul atau tali temali, game atau permainan, dan bernyanyi bersama, semuanya dilakukan dengan rasa riang dan gembira.

Yang tidak kalah penting lagi adalah PBB Pramuka, dimana pada kegiatan ini kita belajar tentang kedisiplinan, menambah rasa kebersamaan bersama teman, dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan, sehingga kelak kita bisa mementingkan tugas daripada kepentingan diri sendiri atau individu.

Tujuan dari pelatihan PBB adalah menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab.

Menumbuhkan adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan untuk tugas pokok tersebut sampai dengan sempurna.
Sedangkan rasa persatuan adalah rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.

Lanjutnya, disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu yang hakikatnya tidak lain dari pada keihklasan, penyisihan/menyisihkan pilihan hati sendiri.

Dalam kegiatan tersebut, Serda S Wibowo memberikan teori dan juga praktek PBB. Dalam latihan baris berbaris diperlukan kekompakan dan konsentrasi. Sehingga, materi baris berbaris dapat diserap dengan cepat.

“Tanpa keseriusan, kekompakan dan semangat, baris berbaris akan terlihat jelek karena kunci keindahan PBB adalah semangat dan kompak,” kata Babinsa disela-sela latihan. (Dani)*

Breaking News