oleh

Babinsa Rotan Semelur setiap hari mengajar Mengaji

Pelangiran, ALTADURINUSANTARA.COM| Sang matahari sudah terlihat meninggalkan bumi, namun raungan motor tua milik seorang anggota TNI Bintara Pembina Desa (Babinsa) sudah terdengar melewati Desa Rotan Simelur Kecamatan Pelangiran.

Koptu Chandra Bastian, seorang Babinsa Koramil 10/Pelangiran terlihat bersemangat ingin segera tiba di Desa binaannya walaupun terkadang motor yang menjadi tunggangannya sering mogok di tengah jalan.

Sebagai satuan teritorial TNI AD paling bawah, dia menyadari dengan baik peranan sebagai sosok yang berhadapan paling langsung dengan masyarakat.

Ia berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial dan tugas-tugas yang meliputi pengumpulan dan pemeliharaan data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya.

Di luar tugas sebagai anggota TNI, Koptu Chandra Bastian  terkenal juga sebagai guru mengaji di  Desa binaannya, yaitu Desa Rotan Simelur. “Kegiatan mengajarkan warga desa binaan untuk belajar mengaji memang merupakan keinginan saya,” ujar Bastian.

Keinginan untuk mengajar itu terdorong oleh banyaknya anak-anak yang belum bisa baca tulis Al Quran di Desa binaannya.

Bak gayung bersambut, pemerintah desa sangat mendukung dengan terlaksananya kegiatan yang sudah berlangsung sejak beberapa tahun itu.

Ia mengaku sangat senang dapat menyalurkan ilmu yang sudah pernah didapatkan itu kepada anak-anak warga Desa binaan.

Menurut dia, anak-anak dengan senang hati mau datang belajar membaca dan menulis Al Quran. Hal itu, membuatnya juga ikut bersemangat dan terpanggil terus mengajar mengaji. “Saya biasanya memanfaatkan Mesjid atau TPA untuk menjadi lokasi pengajian setiap harinya serta menggunakan Al quran dan Papan tulis sebagai media untuk mengajar baca dan tulis Al-Quran,” katanya.(Brt)

Breaking News