oleh

Babinsa Rotan Simelur “Cara Tepat Mengajarkan Anak Belajar Mengaji yang Efektif”

Pelangiran_Inhil, ALTADURINUSANTARA.COM|(13/11/19). Kini dunia memiliki perubahan sangat cepat dan dipengaruhi oleh banyak faktor yang sulit dikontrol.

Salah satu pengaruh terbesar dari pergeseran dunia di zaman sekarang tentu saja dipengaruhi oleh teknologi. Kecepatan teknologi dan informasi akan memengaruhi gaya hidup seseorang, termasuk anak-anak.

Jadi bagaimana peran orangtua dalam membesarkan sang buah hati agar memiliki mental dan iman yang kuat dalam beragama?

Ya, pastinya memberikan pendidikan agama untuk bekal kehidupan mereka nantinya. Oleh karena itu, mengajarkan mengaji pada anak dapat dilakukan ketika sudah memasuki usia 2 tahun keatas.

Itulah dilakukan oleh  Babinsa Rotan Simelur Koptu Chandra Bastian, mendampingi dan mengajar membaca Al Qur’an/Magrib mengaji, bertempat di Mesjid Al Falah Desa Rotan Simelur Kec.Pelangiran Kab.Inhil.

Koptu Chandra Bastian menyebutkan “Berikut ini salah satu cara tepat mengajarkan anak anak-anak belajar mengaji yang efisien. Biasakan anak mendengar bacaan ayat-ayat Al-Qur’an setiap harinya, Para orangtua yang beragama Islam pasti mengharapkan anaknya mampu membaca Al-Qur’an dengan baik.”

“Nah, sebagai langkah awal orangtua bisa mengajarkan mereka sejak usia dini. Di mana anak usia dini memiliki kencendrungan dalam hal meniru dan mengulangi hal-hal yang diinginkannya.” tambah Babinsa

“Oleh karenanya selain mengaji bersama di Mesjid dampingi anak untuk mencintai Al-Qur’an sejak kecil. Perdengarkan ayat Al-Qur’an melalui pengajian murottal setiap hari dalam kondisi apapun, tanpa disadari mereka akan merekam ayat tersebut.” terangnya menjelaskan.

“Pada awalnya mungkin anak hanya akan mendengarkannya seperti biasa, tapi lambat laun ia dapat menghapalnya.” sebut Babinsa kembali

“Dengan membiasakan anak mendengar bacaan Al-Qur’an maka dapat menjadikannya lebih familiar terhadap kegiatan mengaji. Jika sering di ulang-ulang, memori anak akan merekamnya secara baik.” tutup Koptu Koptu Chandra Bastian. (Red, Brt).

Breaking News