oleh

Bersama Masyarakat, Personel Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad Ajak Berkebun

Pendiv2, ALTADURINUSANTARA.COM – Dalam rangka untuk memajukan kesejahteraan masyarakat yang berada di wilayah perbatasan, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Raider 509 Kostrad melaksanakan kegiatan berkebun bersama-sama dengan Warga Kampung Minggoepi, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Selasa (28/1).

Danpos KM 140 Letda Inf Sulasmono mengatakan lahan milik warga Kampung Monggoepi sudah lama sekali tidak ditanami, sehingga ditumbuhi semak belukar dan alang-alang yang sudah tinggi. Melihat potensi tanah yang subur, kemudian personel Pos KM 140 mengajak warga untuk menjadikan lahan tersebut agar dapat dimanfaatkan untuk ditanami tanaman.

“Kami melihat warga sudah sangat jarang untuk mengurus kebunnya, sehingga lahan tidak produktif, padahal tanah di sini subur. Kami mengajak warga untuk bersama-sama mengolah lahan milik mereka untuk dapat ditanami tanaman yang bermanfaat seperti sayur-sayuran, ubi dan singkong, ke depannya,”tambah Sulasmono .

Kepala Kampung Yoseop Atmea (57) mengatakan bahwa ia pun mengajak warganya aktif dalam mengolah lahan-lahan yang saat ini terkesan terbengkalai dan mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas yang mengajak warga untuk aktif dalam mengolah lahan kebun miliknya. “Kami tanam tanaman sayur-sayuran, ubi dan Singkong di sini untuk keperluan sehari-hari dan untuk dijual ke pasar,” kata Yoseop Atmea

Kegiatan membuka lahan bersama masyarakat dipimpin langsung Danpos bersama 8 orang anggota, beberapa bibit sayuran merupakan masalah yang menjadi kendala, karena warga sama sekali tidak mempunyai bibit sayuran untuk mereka tanami di kebun milik mereka.

Namun dari Personel Satgas membantu warga dengan membagikan bibit sayur-sayuran yang dibawa dari home base. “Bibit sayuran tersebut dimanfaatkan Personel Satgas dengan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kesejahteraan masyarakat di daerah perbatasan,” jelas Sulasmono. (red)*

Breaking News