oleh

Bersama Polri, Satgas Yonif Raider 509 Kostrad Gelar Deklarasi Anti-Hoax

Pendiv2, ALTADURINUSANTARA.COM – Penyebaran berita fitnah atau hoax akhir-akhir ini semakin marak. Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad Pos Oksibil bersama Polres Pegunungan Bintang dan Masyarakat menggelar Deklarasi Anti Hoax, Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Jumat (10/1).

Danpos Oksibil Lettu Inf Rahmat Hidayat mengatakan, deklarasi tersebut bertujuan untuk mengajak langsung memberantas hoax yang sering terjadi di kalangan masyarakat melalui Media Sosial (Medsos). “Deklarasi ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai apa itu bahaya dari hoax atau hasutan, fitnah.

“Sasaran kegiatan ini dilaksanakan khususnya dikalangan pelajar dan masyarakat setempat, agar situasi tetap aman dan tentram,” ujar Rahmat.

Ia juga menerangkan, fenomena maraknya informasi berbau fitnah, hasutan, maupun hoax, di media sosial belakangan ini sangat meresahkan berbagai kalangan. Katanya, tidak sedikit tokoh masyarakat, institusi negara, organisasi masyarakat yang telah menjadi korban dari penyebaran informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan ini.

“Beberapa kali informasi hoax menjadi viral di media sosial, juga memicu keributan bahkan merembet menjadi tindakan anarkis. Ini bukan saja menghabiskan energi, tapi juga sangat berpotensi mengganggu keamanan nasional,” ujarnya.

Penyebaran informasi yang tidak benar alias hoax, juga bisa membahayakan diri sendiri atau orang lain. Misalnya informasi hoax tentang tips kesehatan. “Padahal itu belum tentu benar informasi yang disebarkan dan bisa membahayakan orang,” tuturnya.

“Terima Kasih atas kerja sama serta dukungan masyarakat khususnya di Kabupaten Pegunungan Bintang dalam memberantas berita Hoax, untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif. Hoax adalah Virus yang dapat memecah belah Bangsa, maka dari itu mari perangi berita Hoax demi menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia”, imbuhnya. (Red)*

Breaking News