oleh

CERDAS CERMAT MEMACU SEMANGAT BELAJAR SISWA

Padang, ALTADURINUSANTARA.COM| Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat SLTA dan SLTP di Yayasan Kartika Jaya Rem 032 selesai dilaksanakan. Dan puncak dari kegiatan Lomba Cerdas Cermat yang dilaksanakan oleh Yayasan Kartika Jaya Rem 032 ini dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Juli 2019 di Gedung Sapta Marga Korem Jln Sudirman No. 29 Padang.

Lomba cerdas yang diikuti oleh regu regu yang sudah diseleksi dari masing masing sekolah di Yayasan Kartika Jaya ini   merupakan ajang mengasah kemampuan otak untuk trampil, berfikir cepat dan  tepat serta mampu melatih siswa untuk mengambil keputusan dengan cermat dan teliti.

Setelah melalui babak penyisihan semifinal dan final akhirnya Lomba Cerdas Cermat menghasilkan para juaranya.

Untuk tingkat SLTA SMA Kartika 1-5 tampil sebagai yang terbaik, juara kedua SMK Kartika 1-2 dan juara ketiga SMK Kartika 1-1 Padang.

Untuk tingkat SLTP Juara pertama direbut oleh SMP Kartika 1-7, juara kedua SMP Kartika 1-6 dan juara ketiga SMP Kartika 1-7

Masing masing peserta baik dari SLTA maupun SMP  mendapatkan uang pembinaan, Tropi serta penghargaan dari Danrem 032/Wbr dan dari pengurus Yayasan.

Ketua Yayasan Kartika Jaya Rem 032, Ny. Mia Kunto Arief Wibowo yang diwakili oleh Ny. Hera Edi Nurhabat menyampaikan bahwa lomba  cerdas cermat ini  merupakan kegiatan rutin dan berkesinambungan dilaksanakan sebagai ajang uji kemampuan siswa dalam memahami pelajaran yang ada sekolah.

Menurutnya ini  kegiatan yang sangat positif, mengingat  siswa adalah generasi muda harapan bangsa dan mereka harus mepersiapkan diri untuk berfikir cepat, dan membuat keputusan dengan cermat, sehingga pasca lepas sekolah mereka juga sudah siap untuk berkompetisi.

“kegiatan ini  dilaksanakan dimaksudkan  untuk melatih dan membiasakan siswa dapat berfikir cepat, dan membuat keputusan dengan cermat, dan siap mengasah keterampilan dengan berlatih uji kemampuan dengan mengikuti cerdas cermat” tutur  Ibu Hera selesai pelaksanaan Lomba.

Ditambahkannya, anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan cerdas cermat sebagai sarana unjuk kreatifitas, sikap kritis, dan mentalitas dari siswa siswi. Lebih jauh harapannya dari kegiatan ini, akan lahir  para generasi muda yang handal dan mampu berprestasi di masa depan, serta mampu memacu dan memotivasi semangat belajar siswa.

Fadhil salah satu peserta yg berhasil meraih juara 1 tingkat SLTA dari SMA Kartika 1-5 Padang  mengatakan sangat senang dan bangga bisa juara, dan ketika ditanya tentang apa tipsnya bisa Juara. “kami persiapan dengan belajar dan berlatih secara intensif selama tiga bulan”  ujar Fadhil.

“Kami sangat senang dan bangga bisa menjadi juara” ujar Fadhil yang bercita cita menjadi tentara ini  dengan semangat.

Sementara itu Komandan Korem  032/ Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P yang hadir saat acara penutupan LCC mengapersiasi kegiatan tersebut dan berharap nilai positif dari kegiatan dapat dirasakan langsung oleh setiap peserta maupun siswa lainnya untuk tetap giat belajar mengisi waktu.

Selain itu, menurut Danrem melalui lomba cerdas cermat akan menjadi proses yang cukup baik dalam meningkatkan semangat belajar siswa, dimana mereka nanti akan  tertantang menjadi yang terbaik ketika menghadapi tingkat persaingan yang tinggi diantara sesama siswa lainnya diluar sana.

“Persaingan kedepan semakin berat, dunia pendidikan terus berkembang, oleh karenanya siswa harus mempersiapkan diri dengan baik sejak sekarang, anak anak ini merupakan cikal-bakal penerus bangsa yang tentunya harus mampu dan berkompeten dalam ilmu pengetahuan, sehingga nanti memiliki kesiapan untuk bersaing di era globalisasi dan digitalisasi seperti yang ada saat ini,” tegas Danrem.

Adapun harapan lainnya adalah melalui kegiatan ini agar para  siswa peduli terhadap apa yang ada di lingkungan Yayasan Kartika Jaya, kedepan dapat menjaga dan memelihara nama baik sekolah, selalu memiliki rasa optimis, berjuang keras dan tetap semangat, dan yang tak kalah penting yakni mereka peduli terhadap almamaternya.

“Selamat atas prestasi ini, dan teruslah berjuang meraih cita-cita, dengan lomba ini semoga menjadi tolak ukur bagi peserta untuk terus mengasah keterampilan dan menyerap ilmu sesuai kurikulum yang berlaku, semoga semua pelajaran yang telah didapatkan dapat dipraktekkan dengan baik,” tegas Danrem mengakhiri. (BRT)

Breaking News