oleh

Dandim 0209/LB : Alat Juang pertahanan yang Tangguh dengan Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme

LABUHANBATU, ALTADURINUSANTARA.COM|(04/09/19).  Kodim 0209/Labuhanbatu lakukan Diskusi Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme di Aula Kodim 0209/LB Abdi Karya Manunggal Jln. Pramuka Kel. Padang Matinggi Kec. Rantau Utara Kab. Labuhanbatu

Dengan Tema  “Melalui Kegiatan Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme kita perkokoh mentalitas dan pemahaman Ideologi guna mencegah ancaman bahaya Radikalisme/Separatisme dalam rangka mewujudkan Alat Juang pertahanan yang Tangguh”

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah mewujudkan ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” dalam amanat tertulis Dandim 0209/LB yang dibacakan oleh Kasdim 0209/LB. 

“Agar terciptanya keamanan di wilayah Kab. Labuhanbatu Raya ini perlu adanya peran seluruh komponen masyarakat dan kepedulian dari kita semua sebagai energi Daya Tangkal Paham Radikalisme/Separatisme,” lanjut Kasdim.

Terakhir harap Dandim 0209/LB, “Dengan diadakannya kegiatan ini saya harap kita dapat bersinergi melakukan pencegahan dari segala aspek ancaman dan gangguan sistem pertahanan negara dari pengaruh paham Radikal khususnya di wilayah Kab. Labuhanbatu”.

Tak luput, Pasiter Dim 0209/LB Kapten Inf Bahdi Siagian, S.Ag sebutkan, “Munculnya Radikalisme karena adanya beberapa faktor antara lain, Faktor Internasional yaitu Ketidakadilan Global, Politik Luar Negeri yang arogan, penjajahan yang itu semua secara tidak sadar seluruh komponen Sudah terpengaruh.”

“Faktor Domestik yaitu Persepsi ketidakadilan, kesejahteraan, pendidikan, kecewa terhadap pemerintah dan adanya balas dendam. Faktor Kultural yaitu pemahaman Agama yang dangkal, penafsiran Agama yang sempit, Indroktinasi ajaran agama yang salah dan dangkalnya pemahaman tentang Wasbang dan makna dari Belaneg,” tambah Pasi Ter.

“Cara mencegah Radikalisme/Separatisme dimulai dari hal yang kecil dengan cara Mempedomani Pancasila dan  UUD 1945. ”  tutup Kapten Bahdi.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kasdim 0209/LB Mayor Inf Ertiko Cholifa, S.H. S.Pd, Sekretaris Kesbangpol Labuhanbatu Bapak Abdi Jaya Pohan, S.H., Kakan Kemenag Labuhanbatu Bapak Drs. Syafiruddin Harahap, M.Pd, Kasat Binmas Polres Labuhanbatu AKP Edi Sidauruk, S.H,M.H, Ketua FKUB Labuhanbatu Bapak H. Khairul Dalimunthe beserta anggota, Ketua FKPPI Labuhanbatu Bung Indra Riadi beserta anggota, Ketua KNPI Labuhanbatu Saudara Hamzah beserta anggota, Ketua Karang Taruna Labuhanbatu Saudara Aswin Syahputra beserta anggota.

Selanjutnya hadir juga, Pimpinan NU Labuhanbatu Bapak Ustadz M. Ali Azhar Samosir, Anggota Koti Pemuda Pancasila, Anggota Pemuda Pancasila, Mahasiswa Univ Labuhanbatu, Mahasiswa Univ Islam Labuhanbatu, Mahasiswa Univ Alwasliyah Labuhanbatu, Mahasiswa Akbid Pemda Labuhanbatu. (Sumber Media Online Kodim 0209/LB.Red/Brt)

Breaking News