oleh

Danramil 07/Reteh Kapten Arm Syahrul Effendi Pohan menghadiri acara Gerakan Satu Hati di kecamatan pulau kijang.

ALTADURINUSANTARA.COM – RETEH PULAU KIJANG  – Cegah terjadinya stunting UPT Puskesmas Pulau Kijang Menggelar gerakan satu hati di kelurahan Pulau kijang Kecamatan Reteh.

Danramil 07/Reteh Kapten Arm Syahrul Effendi Pohan “mengatakan bahwa Hari ini Di UPT Puskesmas Pulau Kijang mengadakan kegiatan Gerakan Satu Hati, Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya stunting di wilayah Kecamatan Reteh.”

Dalam kegiatan Gerakan Satu Hati ini dilaksanakan pemeriksaan di UPT Puskesmas , diantaranya yang dilakukan adalah imunisasi lengkap, penimbangan, pemberian vitamin A, pemeriksaan ibu hamil dan menyusui serta KB.

Danramil 07/Reteh Syahrul Effendi P, “mengatakan bahwa Gerakan Satu Hati  merupakan bagian dari pelaksanaan program DMIJ Plus Terintegrasi. Dimana, unsur Terintegrasinya termasuk bidang kesehatan di dalamnya.

Lanjutnya, “gerakan ini untuk mengetahui data valid mengenai stunting di Kecamatan Reteh dan pencegahan stunting.”

Adapun kegiatan yang akan di fokuskan pada gerakan “SATU HATI” ini adalah:

Pertama, Penimbangan secara serentak untuk mengetahui data valid jumlah stunting di kabupaten Indragiri Hilir.
Ke dua, Pemberian vitamin A.
Ke tiga, Pemeriksaan ibu hamil dan menyusui.
Ke empat, Pemeriksaan pemberian pelayanan KB.
Ke lima, Pemberian sarapan anak di desa dan kelurahan.
Ke enam, Keluarga Berencana

Kepala dinas berharap agar semua pihak bisa mengumumkan dan memberitahukan serta mensosialisasikan rencana kegiatan ini kepada seluruh masyarakat yang ada di kecamatan Reteh.

Perlu diketahui bahwa kegiatan “SATU HATI” di kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir merupakan yang pertama di lakukan di seluruh Indonesia.

Gerakan satu hati bermula dari adanya masalah stunting di Indragiri Hilir, oleh karena itu Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten mencanangkan gerakan “SATU HATI,”

Tambahnya,” Dengan satu kegiatan, dengan semua orang bergerak dalam penanganan stunting secara bersama kita akan dapat data berapa  jumlah penderita stunting by name, by address,” Ungkap nya.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut, sebagai berikut,.
Camat Reteh diwakili sekcam Reteh Saudara Arbani S.pd, Danramil 07/Reteh Kapten Arm Syahrul effendi Pohan, Kapolsek Reteh diwakili oleh kanit sabara Aiptu Juwartono, Lurah sekecamatan Reteh, Bupati inhil diwaki oleh Kepala Damkar kab inhil Drs H.Ismed, Kepala UPT Puskesmas Reteh Saudara Mustakim S.km, Para ibu-ibu PKK dan anak-anak paud se Kelurahan pulau kijang, para ibu-ibu yg punya Balita -+ 350 orang yg menghadiri kegiatan Gerakan satu hati tersebut yang di gelar pertama kali di Puskesmas Pulau Kijang kecamatan Reteh Kabupaten Inhil dan bahkan se Indonesia.Tutur nya. (Dani)*

Breaking News