oleh

Danramil bersama Babinsa dan Masyarakat berjibaku Padamkan Api

ALTADURINUSANTARA.COM – Babinsa Koramil 10/Pelangiran Kodim 0314/Inhil bersama Polsek Pelangiran dan masyarakat Desa Tegal Rejo kecamatan Pelangiran Melaksanakan pemadaman api kebakaran lahan di Desa Tegal Rejo.

Pemadaman Karhutla tersebut langsung dipimpin oleh Danramil 10/Pelangiran Kapten inf Efendi Sihombing, dalamnya pelaksanaan pemadaman tidak luput anggota Kecamatan Pelangiran bersama Tim yang lain berjibaku memikul selang Damkar Kecamatan Pelangiran untuk memadamkan kebakaran yang terjadi.

“Masyarakat pun ikut serta melakukan pemadaman api yang membakar lahan masyarakat di Desa Tegal Rejo dengan luas sekitar 5 ha,”sebut Danramil,Senin (20/01/2020).

Informasi yang diterima dari warga setempat, yang enggan menyebutkan jati dirinya menerangkan, bahwa kebakaran terjadi akibat dari salah seorang warga sedang merintis lahan dengan cara membakar. Sempat dilakukan pemadaman secara manual, namun saat ditinggal, api ternyata belum padam secara keseluruhan sehingga kembali membesar dan merembes ke lahan lahan di sekitarnya.

Babinsa Koramil 10/PLG setelah mendengar laporan dari warga bahwa ada kebakaran lahan, maka dengan cepat meluncur ke lokasi tersebut bersama tim pemadam, naas saat menuju ke lokasi, jalan yang dilalui roda empat agak basah hingga mobil pemadam amblas.

“Kami harus mendorong mobil pemadam dulu karena amblas untuk menuju lokasi agar api cepat di padamkan dan tidak meluas ke tempat lain,” Ujar Babinsa Desa Tegal Rejo saat di konfirmasi awak Media.

Danramil juga menuturkan bahwa telah memerintahkan kepada para Babinsa agar selalu menghimbau kepada warganya untuk tidak membakar lahan perkebunan atau pada saat membuka lahan, selama musim kemarau ini .

“Saya meminta satgas Karhutla secara proaktif melakukan sosialisasi dan penanggulangan bersama warga setempat. Agar mereka merasakan juga susahnya memadamkan kebakaran lahan,” kata Danramil. (Red)

Breaking News