oleh

DENGAN GOTONGROYONG SEMUA YANG SAKIT DAPAT TERTOLONG, FILOSOFI POS SERAMBAKON, SATGAS PAMTAS YONIF 403/WP DI KAMPUNG SINGSINGBUK PAPUA

Altadurinusantara, KEEROM – Pos Serambakon Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista yang dipimpin langsung oleh Danpos Serambakon Letda Inf Prayitno mengunjungi salah satu desa binaan dan melaksanakan pelayanan kesehatan di Kampung Singsingbuk, Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si. dalam release tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Minggu (04/04/2021).

“Selain melaksanakan salah satu tugas pokok pengamanan perbatasan yaitu pembinaan teritorial terhadap warga setempat tujuan dari kegiatan anjangsana ini adalah untuk mengajak warga setempat untuk lebih dekat dengan Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista, diharapkan dengan kedekatan ini warga dan prajurit dapat saling bekerja sama dan saling melengkapi dalam menghadapi kendala-kendala yang ada kedepannya”, ujar Ade.

Dalam kunjungan kali ini Danpos mengajak Kepala Kampung Singsingbuk Bapak Paulus Abimtabum dan beberapa warga setempat untuk melaksanakan secara sederhana medical cek up kesehatannya diantaranya yaitu pengecekan tekanan darah, suhu tubuh, detak jantung, laju pernapasan, gula darah, kolestrol dan pemberian obat-obatan sesuai dengan kebutuhan tubuh setelah dilakukan pengecekan kesehatan di atas.

Letda Inf Prayitno mengungkapkan walaupun sangat sederhana namun kegiatan medical cek up yang sederhana ini memiliki makna yang sangat dalam, “seperti mencegah lebih baik dari pada mengobati dan dengan gotongroyong semua yang sakit dapat tertolong,” ujarnya.

Dengan kata lain Prajurit Diponegoro sangat menjunjung tinggi peribahasa “yang sehat membantu yang sakit, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung” yang memiliki arti bahwa Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista sangat menghormati budaya serta adat istiadat di Kampung Singsingbuk, sehingga diharapkan warga setempat jangan sungkan untuk meminta bantuan terhadap Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista, “dengan senang hati kami akan membantu”, ujar Prayitno.

Sementara itu Bapak Paulus Abimtabum berharap dengan hadirnya Pos Serambakon di Kampungnya bisa membantu kehidupan warga setempat dengan silaturahmi yang harmonis, mengingat akses sarana dan prasarana kampung Singsingbuk yang masih terbatas, semoga TNI dapat menjembataninya.

“Kami berharap dengan kedatangan bapak-bapak TNI Pos Serambakon masyarakat menjadi terbantu, dan akses sarana prasarana di kampung ini dapat segera membaik, semoga hubungan TNI dari satgas Yonif 403 dengan masyarakat semakin harmonis”, ungkapnya. Brt*

(Pen Satgas Yonif 403/WP)

Breaking News