oleh

Gelar Bin Netralitas TNI, Ini Penekanan Dandim 1407/Bone

Bone, ALTADURINUSANTARA.COM – Komandan Kodim (Dandim) 1407/Bone Letkol Inf. Mustamin membuka kegiatan Pembinaan Netralitas TNI Ta. 2020, bertempat di Aula Makodim 1407/Bone, Jum’at (13/03/2020).

Kegiatan pembinaan netralitas TNI di kodim 1407/Bone di awali dengan laporan dari Pasi ter Kodim 1407/Bone Kapten Inf. Kamaluddin kepada Dandim 1407/Bone.

Mengusung tema “Netralitas TNI wujud profesionalisme dalam mendukung suksesnya pemilu yang luber dan jurdil”.

Dalam sambutannya, Letkol Mustamin mengatakan, TNI dituntut untuk tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis. Salah satu aktualisasinya, TNI harus bersikap netral dalam setiap kegiatan pesta demokrasi (Pemilu).

Sebagai dasar netralitas TNI, kata Dandim, sesuai Undang-undang (UU) Nomor 15 Tahun 2011 dan UUD no 34 Tahun 2004 tentang TNI, mengamanatkan bahwa prajurit TNI harus netral dalam kehidupan berpolitik dan tak melibatkan diri pada politik praktis.

Dengan sikap tetap netral, maka pelaksanaan pemilu diharapkan akan terwujud secara demokratis, aman dan terkendali. “Bila TNI tetap bersikap netral dalam pelaksanaan pemilu di seluruh Indonesia, maka akan tercipta rasa aman di masyarakat dalam menyalurkan hak pilh dan akan terwujud pemilihan yang demokratis dan terkendali,” jelasnya.

“Apapun alasannya, seorang prajurit harus tetap netral dalam penyelenggaraan pemilu maupun pemilukada. Jika ada prajurit yang ketahuan melanggar kedisiplinan, maka institusi TNI akan memberikan sanksi mulai teguran hingga penahanan,” tegas Letkol Inf. Mustamin

“Harapan saya sosialisasi ini bisa meneguhkan sikap setiap prajurit agar tetap disiplin dan netral pada Pemilukada, baik prajurit yang hadir di sini, maupun prajurit yang lagi dinas,” pungkas Dandim.

Pilkada serentak akan diselenggarakan kembali pada 2020 dengan jadwal pencoblosan 23 September 2020. Setidaknya ada 270 daerah yang menggelar Pilkada. Ini tahapan dan jadwal lengkapnya.

Pilkada 2020 diikuti oleh 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. Sementara itu proses pemungutan suara dijadwalkan bakal berlangsung pada 23 September 2020.

Ikut dalam kegiatan tersebut para perwira Kodim 1407/Bone, PNS kodim 1407/Bone serta persit cabang XXV Kodim 1407/Bone. (red) *

Breaking News