oleh

Gerak Cepat, Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Obati Luka Robek Imanuel Kaladana di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Altadurinusantara, PEGUNUNGAN BINTANG – Demi memberikan pertolongan pertama kepada warga yang mengalami luka akibat terkena benda tajam, personel Kesehatan Pos Batom Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista dengan sigap dan cepat memberikan tindakan medis berupa pertolongan pertama kepada Bapak Imanuel Kaladana (39) yang terluka akibat terkena sabetan parang di bagian kaki kanannya di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu, (13/11/2021).

Dansatgas menuturkan berdasarkan laporan yang diterimanya bahwa korban dibawa ke Pos Batom Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista oleh tetangganya yaitu Bapak Nelson (37) menggunakan sepeda motor dan harus menempuh perjalanan selama 25 menit untuk tiba di Pos Batom dengan maksud untuk mendapatkan pertolongan pertama medis dari personel kesehatan Satgas TNI.

“Berdasarkan keterangan dari tetangga korban tersebut, bahwa korban yang masih membujang dan belum berumah tangga ini tinggal sendirian, mengalami luka karena sabetan dari parang yang dipakainya pada saat mencari kayu bakar di hutan yang tidak begitu jauh dari rumahnya,” ucap Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danpos Batom Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letda Inf Halis Didik T mengungkapkan bahwa pada saat datang ke Pos Batom kaki korban sudah mengalami pendarahan yang lumayan parah, sehingga tim kesehatan satgas segera menyiapkan peralatan medis untuk mengobati luka korban dengan mengambil tindakan awal membersihkan luka korban.

“Setelah lukanya dibersihkan dan diperban, selanjutnya korban diberikan obat anti nyeri dan antibiotik untuk mencegah infeksi guna mempercepat penyembuhan pada lukanya, tidak lupa Tamtama Kesehatan kami Pratu Ramdani berpesan agar korban kembali lagi setelah 3 hari untuk kontrol kondisi luka robek pada kaki kanannya,” ungkap Halis.

Sementara itu, warga yang merupakan korban luka robek pada kakinya Bapak Imanuel Kaladana (39) menyampaikan ucapan banyak terimakasih kepada bapak-bapak Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Batom karena sudah menolongnya, pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bapak-bapak tentara sangat ramah dan sangat cepat memberikan pertolongan kepada kami warga yang mengalami luka robek akibat benda tajam.

“Baru ini pertama kali yang saya alami, bapak-bapak TNI sangat baik dan ramah sekali, mau kasih bantu obati luka saya walaupun saya tidak punya uang dan jarang main ke pos, rasanya saya seperti punya saudara, terimakasih bapa-bapak TNI,” ujar Imanuel. (Pen Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP). Brt*

Breaking News