oleh

Ini Yang Disampaikan 3 Narasumber Saat Sosialisasi Cegah Tangkal Radikalisme

LABUHANBATU, ALTADURINUSANTARA.COM – Kegiatan Komsos cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme Triwulan I Tahun 2020 yang digelar Kodim 0209/LB di Aula Makodim 0209/LB, JL Abdul Azis Rantauprapat, Rabu (11/3/2020) turut menampilkan 3 narasumber untuk bersosialisasi, diantaranya Kasdim 0209/LB Mayor Arh Muji Santoso, Penyuluh Agama Islam Kemenag Labuhanbatu H. Muhammad Sopyan. MA, serta Dinas Koperasi dan UKM Jekson Simangunsong SH.

Dalam sosialisasinya Kasdim 0209/LB, turut menampilkan slide presentasi berisikan profil biodatanya serta menampilkam arti dari radikalisme itu sendiri serta penyebabnya.

Kasdim mengatakan pentingnya orang tua melakukan pengawasan terhadap anak didalam penggunaan sosial media yang meliputi apa yang diikutinya dan Video apa yang dilihatnya.

“Oleh karena itu maka tanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini pada anak. Serta tingkatkan kepekaan masyarakat khususnya didalam kehidupan bermasyarakat, untuk mengetahui apa yang sedang beredar dikalangan masyarakat itu sendiri,” jelas Kasdim.

Penyuluh Agama Islam Kemenag Labuhanbatu H. Muhammad Sopyan. MA meminta agar masyarakat menanamkan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari, dan menghargai perbedaan dalam kehidupan beragama.

“Jadi ada empat langkah untuk menangkal radikalisme yaitu, melalui pendidikan, melakukan koordinasi dengan ormas-ormas Islam, melakukan pembinaan keluarga dan menyebarkan para penyuluh-penyuluh agama,” kata H Muhammad Sofyan.

Begitu juga dengan Dinas Koperasi dan UKM Jekson Simangunsong SH meminta agar masyarakat untuk berwirausaha. Menurut dia, melalui berwirausaha juga dapat mencegah paham radikalisme yang dapat mempengaruhi diri kita maupun orang lain, yang mana dengan terciptanya lapangan kerja merupakan faktor utama dalam peningkatan perekonomian ditengah-tengah masyarakat.

“Salah satu munculnya kasus kejahatan berawal dari faktor ekonomi yang kurang mampu dijadikan alasan untuk terlibat didalamnya,” jelasnya.

Jekson juga memberikan trik beberapa langkah dalam berwirausaha antara lain, Mindset atau cara berpikir dalam berwira usaha yang mana harus punya tekad harus berhasil, Cara kerja uang untuk menjadi Wirausaha, yang mana kita harus membedakan modal dan keuntungan dan Strategi peningkatan produk/jasa tentang apa yang kita jual dan dimana kita menjualnya.

Acara juga dirangkai dengan tanya jawab dan ditutup dengan menyanyikan Lagu Padamu Negeri serta dilanjutkan dengan foto bersama. (brt)*

Media Online Kodim 0209/LB

Breaking News