oleh

Jadi Irup Pada Upacara Hari Bela Negara Ke-71 Dandim 1407/Bone Bacakan Sambutan Presiden RI

Watampone, ALTADURINUSANTARA.COM – Komandan Kodim 1407/Bone Letkol Inf. Mustamin menjadi Inspektur upacara pada peringatan Hari Kesadaran Nasional yang di rangkaikan dengan Hari Bela Negara yang ke-71 tingkat Kabupaten Bone, bertempat di Lapangan Merdeka, Jl. Petta Ponggawae, Kab. Bone, Kamis(19/12).

Upacara yang berlangsung khidmat ini di ikuti dari unsur TNI-Polri, ASN Pemda Kab. Bone, Satpol PP, Basarnas, Damkar serta para perwakilan masing-masing Angkatan yang telah mengikuti pelatihan bela negara tingkat Kab. Bone.

Upacara di awali dengan pengibaran bendera Merah Putih yang di kibarkan oleh Pasukan Pegibar Bendera dari Kodim 1407/Bone di lanjutkan dengan penghormatan kepada bendera di pimpin langsung Kapten Inf. Busra Danramil 1407-03/Cenrana yang pada kesempatan tersebut bertindak sebagai komandan upacara.

Pada Upacara kali ini Dandim 1407/Bone membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo pada Peringatan Hari Bela Negara yang ke-71yang di selenggarakan setiap tanggal 19 Desember.

Berikut beberapa petikan dari isi sambutan Presiden Republik Indonesia yang di bacakan oleh Dandim 1407/Bone “Alhamdulillah Puji Syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat rahmat-Nya kita semua dapat kembali memperingati Hari Bela Negara yang ke-71 pada tahun ini. Semenjak Mr. Syafroedin Prawiranegara mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1948 di Bukittinggi untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara, berbagai wujud bela negara telah susul- menyusul silih berganti, untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap dan akan terus eksis untuk selama-lamanya”.

Dewasa ini, kita sama-sama cermati bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita, semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.

Semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dihadapi bangsa ini, hanya bisa kita hadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi. Di sinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM Unggul demi kemajuan Indonesia yang kita canangkan sebagai tema peringatan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-74. Manusia Indonesia yang unggul adalah prasyarat utama untuk mengisi kemerdekaan sebagai modal dasar pembangunan kita di segala bidang. Kemerdekaan ini jualah yang menjadi pedoman bagi kita semua untuk melaksanakan bela negara.

Upacara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bone H. Ambo Dalle, di dampingi para Forkopimda Kab. Bone, Para Kasi jajaran Korem 141/Tp, Pejabat utama Polres Bone serta undangan lainnya. (brt)*

Breaking News