oleh

Jaga Kesehatan Tanaman Padi, Serma Katiran Matun Bersama Poktan Mawar Indah

ALTADURINUSANTARA.COM| Tulungagung – Babinsa Kelurahan Kampungdalem Serma Katiran anggota Koramil 0807/01 Tulungagung Kodim Tulungagung melaksanakan pendampingan pertanian dengan menyiangi rumput pengganggu (matun padi) bersama Poktan Mawar Indah di Kelurahan Kampungdalem Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Sabtu (13/04/2019).

Bersama petani, Babinsa membersihkan rumput yang mengganggu secara bersama-sama. Meskipun masih berseragam dinas, Serma Katiran terlihat santai meski bergelut dengan lumpur sawah dalam kegiatan pendampingan matun padi yaitu membersihkan tumbuhan-tumbuhan pengganggu di sela-sela tanaman padi.

Semua jenis tumbuhan liar yang tumbuh di sekitar tanaman padi dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan dapat menyebabkan penurunan hasil panen. Bahkan pada kasus yang serius, tak jarang dapat membuat petani gagal panen.

Menurut Serma Katiran, matun padi merupakan salah satu cara merawat tanaman padi agar dapat tumbuh subur, dengan matun diharapkan dapat melenyapkan rumput yang tumbuh di sekitar tanaman padi. Kegiatan pembersihan rumput seperti ini merupakan pekerjaan wajib dan rutin yang harus dilakukan oleh para petani saat pemeliharaan tanaman padi.

“Perawatan intensif harus terus dilakukan agar hasil panen maksimal, ya seperti kegiatan matun padi ini contohnya.” tutup Serma Katiran.(Red/Brt)

Breaking News