oleh

Kainfolahtadam I/BB Buka Bimtek Literasi Digital dan IT Security Bidang Sisfokuat  TW III TA 2019 

MEDAN, ALTADURINUSANTARA.COM| Kainfolahtadam I/Bukit Barisan Kolonel Inf Hasudungan Limbong. S. Sos.M. M secara resmi membuka kegiatan Bimtek Literasi Digital dan IT Security Bidang Sisfokuat TW III TA 2019,Rabu (31/07/2019) pagi. Kegiatan dengan nara sumber Kadir ST,ini digelar di Ruang Bukit Barisan,Makodam I/BB Jalan Medan- Binjai Km 7,5.

Pada sambutannya, Kainfolahtadam I/Bukit Barisan Kolonel Inf Hasudungan Limbong. S. Sos.M. M, menyampaikan bahwa media sosial (Medsos) di Era Digital saat ini telah menjadi temak kita yang paling akrab, maka tak heran jika dimanapun kita berada akan dengan mudah menemukan orang yang berselancar dengan medsos, baik melalui komputer, laptop maupun smartphone

“Bahkan menemukan teman kita yang telah lama tidak bertemu juga sudah gampang sekarang melalui medsos,”ungkap Kainfolahtadam.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2019 telah mencapai sekitar 64,8 % jumlah penduduk Indonesia sudah tersambung dengan Internet.

“Pada tahun 2018,Indonesia menduduki rangking ke 6 negara pengguna internet terbesar di dunia, “terangnya.

Meningkatnya pengguna internet, kata Kainfolahtadam, terutama kaum milenial yang berusia antara 18 sampai 35 tahun tidak dibarengi dengan kemampuan memanfaatkannya dengan lebih baik dan produktif

“Kebanyakan hanya menggunakan internet sebagai media hiburan dan sosial saja,sebagian besar pengguna internet belum memahami tentang Literasi Digital, “sebutnya.

Literasi Digital, kata Kolonel Inf Hasudungan Limbong.secara sederhana dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dan sumber yang diakses melalui medsos dan media internet lainnya.

“Kegiatan ini adalah tindaklanjut dari arahan Kadisinfolahtad tentang peningkatan kualitas SDM personel Infolahta jajaran TNI AD, saya minta ikuti dengan baik dan serius pengetahuan ini agar bertambah pengetahuan dan ketrampilan kita khususnya Bidang IT dan Komunikasi, “himbaunya.

Hal senada juga disampaikan Kadir ST,bahwa banyaknya data dan informasi yang diinput melalui medsos dan internet faktor keamanan data menjadi penting untuk diperhatikan.

Menurutnya, kasus peretasan akun media sosial yang dilakukan orang-orang tidak bertanggungjawab bisa terjadi kapanpun dan kepada siapapun. “Begitu juga peretasan terhadap data-data perusahaan bahkan data rahasia milik pemerintah dan swasta sudah begitu sering terjadi, “jelasnya.

Dalam kegiatan Bimtek ini juga, Kadir ST memberikan pengetahuan tentang IT Security yang akan membuka wawasan kita tentang apa dan bagaimana IT Security dan langkah -langkah apa yang harus dilakukan agar dapat melindungi data pentinhg yang kita miliki sehingga dapat meminimalisir kasus-kasus peretasan data.

Selain Bimtek Literasi Digital,kita juga memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang pembuatan Website, Blog, Desain Grafis dan Vlog.

“Pengetahuan dan ketrampilan ini sangat penting dan bermanfaat bagi media untuk dipublikasikan kegiatan Kodam I/BB mauoun kepentingan pribadi, “sebutnya.

Turut mengikuti kegiatan ini personel Infolahta, Penerangan dan Staf Intelijen Kodam I/BB. (Red)

Breaking News