oleh

KAPTEN INF IWAN ANDOKO DANRAMIL 06 KATEMAN DAN ANGGOTA SERTA MASYARAKAT KELURAHAN TAGARAJA MELAKSANAKAN KEGIATAN MATERI BINTER DI WILAYAH KORAMIL 06/KATEMAN.

ALTADURINUSANTARA.COM – KATEMAN  Komandan Rayon Militer (Danramil) 06/Kateman jajaran Kodim 0314/Kateman Kapten Inf Iwan Andoko memberikan materi Pembinaan Teritorial (Binter) kepada seluruh anggota Koramil 06/Kateman, bertempat di aula Makoramil 06/Kateman. Senin (23/03/2020).

Danramil 06/Kateman Kapten Inf Iwan Andoko menyampaikan, “Dalam pelaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter) yang dilaksanakan oleh Kodim 0314/Inhil hingga Koramil 06/Kateman ini, pada dasarnya untuk mempererat tali silaturahmi, mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat melalui kegiatan yang bersifat lintas sektoral, terpadu dan melibatkan seluruh komponen masyarakat,” terang Danramil.

Lanjutnya, Kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dengan seluruh komponen masyarakat yang ada diwilayah guna mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat serta meningkatkan persatuan dan kesatuan dengan komponen masyarakat, peran Koramil sangat besar yang mempunyai tanggung jawab wilayah Kecamatan dalam melaksanakan kegiatan Teritorial dimana wilayah Kecamatan merupakan wilayah sektor Binaan dari Koramil harus berperan aktif dan selalu ikut serta dapat memberikan semangat dan dorongan mental kepada masyarakat sehingga terwujudnya kehidupan masyarakat yang harmonis dan sejahtera dalam kehidupan bermasyarakat satu sama lainnya.

Koramil merupakan satuan Komando Kewilayahan yang terkecil dijajaran TNI AD yang menyelenggarakan fungsi administrasi bagi anggotanya dan melayani kepentingan masyarakat sesuai fungsinya sebagai satuan kewilayahan. Dalam melakukan tugasnya banyak berhubungan dengan masyarakat karena fungsi utamanya yaitu pembinaan geografi, demografi dan kondisi sosial. Hal ini menuntut kemampuan yang memadai dari aparat teritorial dalam mengimbangi perkembangan masyarakat di lingkungan tugasnya.

“Sebagai aparat teritorial, Koramil dituntut memiliki pengetahuan yang memadai tentang Binter, Pada kenyataannya secara umum masih jauh dari yang diharapkan. Bagaimana seorang babinsa akan mengembangkan tugas pembinaan kedalam bagi anggota Koramil serta pembinaan terhadap masyarakat sebagai obyek pembinaan, teritorial apabila tidak mempunyai dasar ilmu atau pengetahuan tentang Binter yang akan dijadikan sebagai acuan atau pedoman dalam bertindak atau mengambil keputusan,” pungkas Kapten Iwan Andoko. (Dani)*

Breaking News