oleh

Kasdim 0117/Atam Mengikuti Pembukaan Rapat Penyusunan Rencana Operasional Dengan Lintas Sektor (LS) Terkait Dukungan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Di Kab. Atam

ALTADURINUSANTARA.COM|Aceh Tamiang. (25/04/2019) Kasdim 0117/Atam hadiri pembukaan rapat penyusunan rencana operasional dengan lintas sektor ( LS ) yang diselengarakan oleh Dinas Kesehatan, terkait dukungan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kab. Aceh Tamiang yang dilaksanakan di Aula lantai III Hotel Grand Arya Desa Dalam, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang.

“Indonesia menghadapi dengan meningkatnya penyakit tidak menular dan penyakit yang seharusnya sudah teratasi dan muncul kembali. karena dalam penanganan tersebut membutuhkan biaya yang sangat besar karena kesehatan sangat mempengaruhi pembangunan sosial dan ekonomi, Tujuan dalam pertemuan ini dapat terlaksananya penguatan kebijakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS ) dilintas sektor dalam bentuk rencana kegiatan dan terselengaranya GERMAS, Diharapkan tercapainya kebijakan daerah terkait GERMAS, pelaksanaan kebijakan berwawasan kesehatan di daerah dan terdapat fasilitas public yg ramah kesehatan serta adanya alokasi anggaran untuk germas”, Begitu tutur Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang Catur Hayati dalam Laporan Panitia.

Sambutan Wakil Bupati Atam H. T. Insyafuddin, ST yang intinya, “Tantangan kesehatan saat ini adalah bahwa Indonesia menghadapi tingginya penyakit infeksi meningkat nya penyakit tidak menular dan muncul kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi permasalahan kesehatan yang timbul disebabkan oleh perilaku hidup masyarakat yang tidak sehat masyarakat cenderung makan makanan siap saji tinggi gula garam lemak dan minum minuman beralkohol serta kebiasaan merokok, Tujuan dari kegiatan penyusunan rancangan operasional dengan lintas sektor terkait dukungan germas 1 terlaksananya penguatan organisasi kebijakan gerakan masyarakat sehat di lintas sektor dalam bentuk rencana kegiatan 2 terselenggaranya gerakan masyarakat hidup sehat memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 16 kali sebagai upaya deteksi dini penyakit, Melalui kegiatan menyusun rancangan operasional dengan lintas sektor terkait dengan ini diharapkan masyarakat semakin sadar untuk berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga banyak yang di keluarkan untuk berobat, Terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana yang telah membantu terselenggaranya acara ini dan kepada seluruh peserta terhadap dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini agar informasi yang diperoleh dapat direalisasikan kepada masyarakat”, Pungkasnya.

Hadir diantaranya, Wakil Bupati Aceh Tamiang H. T. Insyafuddin, ST, Dandim 0117/Atam diwakili Kasdim Mayor Inf A. Yani, Kapolres Aceh Tamiang diwakili Iptu Asrul Rinaldi, Kepala Dinas Kesehata Atam Dr. Catur Hayati, Dinas Kesehatan Banda Aceh Cut Ampon ST, M.si dan

Abdullah Sani S.Pd, Kasubag dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yusniani, Sekertaris Dinsos Atam A. Yani, Kasubag Umum dinas P dan K  Drh Khaerani, Sekertaris PPNI  Atam  Fajar Hayati, S. K.ep, Sekertaris Kominfo Patria Kelana, Sekertaris IBI Atam a.n. Asnawi, Ka. Mabicap Ger. Pramuka M. Nurdin Hamid, Tamu undangan lainnya.(Brt).

Breaking News