oleh

Kodim 0608 Cianjur Membangun Jembatan Gantung di Desa Sindangsari

ALTADURINUSANTARA.COM – Sebagai bentuk kemanunggalan rakyat Jawa Barat khususnya di Desa Sindangsari, Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur dengan Kodim 0608 Cianjur, sekaligus kemanunggalan siliwangi adalah rakyat Jawa Barat.


Salah satunya pembangunan jembatan gantung dengan panjang 90 meter dan lebar 120 cm. Jembatan ini dibangun selama kurang lebih tiga bulan oleh TNI bersama warga setempat yang didanai PT Telekomunikasi Tbk (Jabar, red) dan didukung Pemkab Cianjur, pemerintah Kecamatan Leles, pemerintahan Desa Sindangsari dan masyarakat.


Karena jembatan ini sangat bermanfaat bagi warga Desa Sindangsari sendiri, juga dapat memperlancar aktivitas warga Nagasari Kecamatan Leles dan Karangsari Agrabinta.

Pantauan di lokasi, Senin (30/12/2019), Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani SE M.Han beserta istri dan juga rombongan disambut antusias warga Desa Sindangsari Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur.

Ini dalam rangka peresmian jembatan Merah Putih yang dibangun oleh Kodim 0608 Cianjur kerjasama PT Telekomunikasi Tbk, dan Pemkab Cianjur dan juga melibatkan warga setempat.

Dengan selesainya pembangunan jembatan ini, setidaknya akan mempermudah akses dalam memasarkan hasil pertanian, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Desa Sindangsari, Leles.

Sebelum gunting pita atau meninjau lokasi jembatan gantung tersebut, diselenggarakan acara formil bertempat di SDN Rancakamurang mulai pukul 10.00 WIB. Hadir Plt Bupati Cianjur diwakili Asda II H Yanto Hartono SE, Dirut PT Telkom Jabar Panjto Suharyono, Camat Leles, Kades Sindangsari, H Endang Mulyadi, kodim perwira stap dan jajaran atau 18 Danramil, ibu-ibu Persatuan Istri Terntara (Persit), Ormas, Pramuka, rekan-rekan media, tokmas, warga, dan lainnya.

 

Sebelumnya, telah dilakukan pengerjaan jembatan yang memakan waktu sekitar empat bulan mengingat medan yang cukup jauh dari jalan protokol kabupaten maupun jalan Jabar Selatan. Manfaat jembatan dapat digunakan khususnya warga Desa Sindangsari ke Desa Nagasari dan Karangsari.

Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani mengatakan, jembatan gantung tersebut selesai dibangun atas kerjsasama Kodim 0608 Cianjur, PT Telekomunikasi Indonesia dan Pemkab Cianjur. “InsyaAllah sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Dandim di lokasi.

Menurut Rendra Dwi Ardhani, tujuan program karya bakti TNI yaitu untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar mampu memanfaatkan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki masyarakat itu sendiri. “Pada gilirannya akan berdampak positif bagi proses pemberdayaan masyarakat dalam membangun diri, lingkungan secara swakarya dan swadaya,” tandasnya.

Diungkapkan Dandim Cianjur, pengerjaan jembatan gantung ini sebetulnya program CSR Infrastruktur Telkom. “Terwujulah jembatan Merah Putih yang menghubungkan kampung Rancakamurang ke Panyindangan,” tambahnya. “Maaf saya bukan kampanye, jika warga di sini banyak menggunakan kartu seluler Telkomsel, insyaAllah, CSR-CSR PT Telkom akan bertambah banyak,” ucap Dandim, bercanda tapi serius.

Sementara itu, Plt. Bupati Cianjur melalui H Yanto Hartono, mengucapkankan selamat datang kepada Dandim dan rombongan, juga dari Polres Cianjur tepat waktu. Yanto menyampaikan, jembatan ini boleh dikatakan simpul jembatan untuk mempererat persatuan dan kesatuan, silaturahmi dan silaturahim di antara warga Cianjur. “Memasuki tahun baru ada satu kesan dari jembatan gantung ini yaitu jembatan untuk kita mendapat rezeki dan tambah-tambah kebaikan, jalannya dari PT Telkom dan Kodim Cianjur,” kata Asda II itu.

Ia dalam dua hari ini mengkaji, bahwa jembatan sebagai simpul simpul persaudaraan dan mempererat persatuan. “Saya berpikir jembatan ini menjadi jembatan komunikasi, kerjsama ekonomi, peningkatan ilmu dan pengetahuan,” ujarnya.

Karena selama ini dibangunnya jembatan seperti beberapa jembatan di Jabar selatan Mudah-mudahan barokah. “Cape na pa Dandim Sarengrengan sing janten barokah. Harus lebih baik,” ucap Yanto.

Ucapan dari pihak PT Telkom, Dirut PT Telkom Jabar Panjto Suharyono mengaku telah menjalin kerjasama dengan Dandim Cianjur dan Pemkab Cianjur, serta merencanakan untuk pembangunan jembatan ini. “Hingga akhirnya selesai. Karena itu saya ucapkan terimakasih kepada pak Dandim dan jajaran, pak Camat, pak Kades. Terimakasih juga untuk pak Kapolres Cianjur yang kali ini di wakili pak AKP Ipid Saputra, serta semua yang telah mendukung program CSR Telkom,” kata Dirut PT Telkom Jabar Panjto Suharyono.

Masih dikatakan Panjto Suharyono, bahwa bentangan jembatan gantung Sindangsari ini awalnya 60 meter, tapi alhamdulillah menambah menjadi 95 meter. “Menambah nikmat yang Alloh berikan,” ucap Suharyono.

Usai acara formil di halaman SD Rancakamurang dilanjutkan penandatangan prasasti Jembatan Merah Putih dan pemotong tumpeng. Kemudian diakhiri doa oleh serma Suharya.

Antusias warga, Senin pagi menjelang siang masyarakat Desa Sindangsari Kecamatan Leles tumplek di lokasi acara, hingga mereka ikut dalam peninjauan jembatan gantung Merah Putih bareng Dandim, pihak Telkom dan gunting pita peresmian jembatan oleh Asda II Yanto Hartono. (Ded)*

Breaking News