oleh

Koptu Chandra Bastian memberikan Wasbang di sekolah SD.

Pelangiran, ALTADURINUSANTARA.COM|. Babinsa Rotan Simelur Koramil 10/ Pelangiran Kodim 0314/Inhil Koptu Chandra Bastian melaksanakan/memberi materi wawasan kebangsaan tentang lambang Negara RI dan arti Bhinneka Tunggal Ika di SD 006 Desa Rotan Simelur Kecamatan Pelangiran Kab.Inhil.

“Garuda Pancasila adalah burung Garuda yang sudah dikenal melalui mitologi kuno dalam sejarah bangsa Indonesia, yaitu kendaraan Wishnu yang menyerupai burung elang rajawali. Garuda digunakan sebagai Lambang Negara untuk menggambarkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan negara yang kuat.” Terang Babinsa.

Koptu Chandra Bastian menjelaskan kembali kepada adik-adik siswa bahwa Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia.

Dilanjutkan Babinsa Rotan Simelur itu, Diterjemahkan per kata, kata bhinneka berarti “beraneka ragam”. Kata neka dalam bahasa Sanskerta berarti “macam” dan menjadi pembentuk kata “aneka” dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti “satu”. Kata ika berarti “itu”. Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan “Beraneka Satu Itu”, yang bermakna meskipun beranekaragam tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam  budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.” Tutup Babinsa. (Red)

Breaking News