oleh

Koramil 402-01/Tanjung Lubuk Gelar Wasbang Di Ponpes D’Ayatul Islamiah Desa Siguna

Altadurinusantara.com|Komando Rayon Militer (Koramil) 402-01/Tanjung Lubuk Kodim 0402/OKI melaksanakan kegiatan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), tata cara penghormatan sesuai dengan Peraturan Penghormatan Militer (PPM) dan Belanegara di Pondok Pesantren D’Ayatul Islamiyah di Desa Sriguna, Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Selasa (2/4/2019).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Danramil 402-01/Tanjung Lubuk, Kapten Inf Safaruddin yang diwakili oleh Babinsa Tanjung Lubuk, Sertu Hendri dan diikuti oleh seluruh Santri Santriwati berjumlah 320 orang (180 orang Santri dan 140 orang Santriwati), yang saat ini sedang menuntut ilmu dan belajar agama Islam secara mendalam di Ponpes tersebut.

Beberapa hari sebelumnya Danramil 402-01/Tanjung Lubuk Kapten Inf Safaruddin menerima permintaan dari Pimpinan/Mundir Ponpes D’Ayatul Islamiyah, Ustadz Kristian, S.Pd. untuk menyelenggarakan pembinaan mental dan fisik para Santri dan Santriwati. “Program pembinaan mental dan fisik ini memang sudah rutin dilaksanakan secara periodik di Ponpes tersebut yang bertujuan agar para Santri dan Santriwati memiliki kemampuan dalam pendidikan khusus agama Islam, dan juga memiliki kesiapan mental dan fisik dalam mengembangkan dan menyebarkan ilmu agama Islam yang diperolehnya dari Ponpes tersebut dimasa mendatang”, ungkap Ustadz Kristian, S.Pd.

Sama seperti halnya yang diutarakan oleh Ketua Yayasan Pondok pesantren D’Ayatul Islamiyah yaitu Ustadz Ansyorullah, S.Ag, M.Si., menurutnya latihan mental dan fisik ini masuk dalam program ekstrakurikuler. “Sengaja kita memasukkan latihan mental dan fisik ini pada program ektrakurikuler secara periodik dengan meminta bantuan dari pihak Koramil, dengan tujuan menjaga kebugaran para Santri dan Santriwati selama menuntut ilmu disini, juga Insha Allah berguna untuk penyiapan mental dan fisik anak-anak pada saat keluar dari sini dan berniat mengembangkan ilmu agama Islam yang mereka peroleh selama disini dimanapun mereka berada nantinya,” ungkap Ustadz yang biasa dipanggil Kyai tersebut sambil tersenyum.

Ditempat terpisah Danramil 402-01/Tanjung Lubuk Kapten Inf Safaruddin mengatakan hal yang serupa, dirinya mengakui memang selama ini Koramil secara periodik menerima permintaan dari Pimpinan Ponpes D’Ayatul Islamiyah Desa Sriguna untuk mengirimkan anggota dalam rangka mengisi kegiatan ektrakurikuler, yaitu pembinaan mental dan fisik para Santri dan Santriwati yang sedang menuntut ilmu di Ponpes tersebut.

“Memang biasanya kita menerima permintaan dari Ponpes bersama dengan Polsek Teluk Gelam, sehingga Babinsa kita dan Babinkamtibmas Polsek Teluk Gelam secara bersama-sama melaksanakan pembinaan dan pelatihan kepada para Santri dan Santriwati tersebut”, tandasnya.

Setelah selesai melaksanakan kegiatan fisik dan mental yaitu PBB dan PPM dihalaman Ponpes, para Santri dan Santriwati juga menerima materi Wawasan Kebangsaan dan Belanegara yang disampaikan oleh Babinsa dan Babinkamtibmas secara bergantian.(Red)

Breaking News