oleh

Koramil Borobudur Gelar Silaturahmi Dengan Masyarakat

ALTADURINUSANTARA.COM| MAGELANG, Koramil 19 Borobudur menggelar silaturahmi guna berkomunikasi sosial ( komsos) dengan komponen masyarakat di Balkondes Ngadiharjo, Kamis (25/4).

Komunikasi sosial dengan komponen masyarakat tahun 2019 mengambil  tema  “Melalui Silaturahmi Dengan Komponen Masyarakat , Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Dalam Rangka Membantu Kesulitan Rakyat serta Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRi”

Komsos yang diikuti oleh 50 orang dari berbagai desa di Kecamatan Borobudur tersebut bertujuan untuk meningkatkan keeratan hubungan antara masyarakat dan Danramil serta Babinsa sehingga tercipta kemanunggalann TNI – Rakyat.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Koramil 19 Borobudur Kapten Arm Sutikno, S.H menjelaskan tentang pokok – pokok kebijakan pimpinan TNI AD. Kemanunggalan TNI – rakyat merupakan salah satu tujuan yang hendak dicapai.

Disamping itu, keterlibatan masyarakat dalam menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang sangat dibutuhkan. Karena kebersamaan dengan rakyat akan menjadikan dan mengantarkan TNI dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Para peserta yang mayoritas berprofesi sebagai petani, pedagang dan buruh swasta tersebut juga menerima sosialisasi tentang Wawasan Kebangsaan dan Rencana TNI AD dalam mengatasi kesulitan rakyat.

Aji Rahmanto (39), warga Dusun Karang Tengah Desa Ngadiharjo yang berprofesi sebagai tukang las menuturkan banyak manfaat yang diperoleh saat mengikuti kegiatan yamg diselenggarakan oleh Koramil.

Menurut Aji, saat ini ia jadi tahu kiprah anggota Koramil dalam kegiatan sehari-hari. Termasuk rencana kedepan dalam mengantisipasi wilayah Borobudur yang seringkali terjadi bencana.

“Ternyata tugas Danramil dan Babinsa sangat padat, selain mempunyai tugas dalam bidang pertahanan, anggota Koramil juga wajib membantu program pemerintah” ujar Aji.

Disisi lain, pelaksanaan komsos juga diharapkan bisa menimbulkan ikatan emosional yang kuat antara masyarakat dengan para babinsa. Apalagi saat ini babinsa lebih sering terjun di masyarakat.  Kegiatan pendampingan swasembada pangan, program keluarga berencana, sanitasi total berbasis masyarakat merupakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan babinsa. (19/Brt)

Breaking News