oleh

Melalui TMMD KE – 110 Kodam I/BB Bangun Infrastruktur Daerah yang terisolir

Altadurinusantara, Medan – Esensi dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah untuk membantu pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat desa melalui pembangunan fisik maupun nonfisik.

Di samping itu, program TMMD yang kini digelar tiga kali dalam setahun, juga menjadi sarana bagi TNI AD dalam upaya lebih memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka mewujudkan ruang dan alat juang yang berguna untuk menciptakan kondusifitas bagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri.

Hal ini disampaikan Pgs Kapendam I/BB, Letkol Inf Robinson Tallupadang dari Media Centre Pendam I/BB di Kompleks Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (3/3/2021).

Pgs Kapendam I/BB menguraikan, program lintas sektoral TMMD ke-110 kali ini juga sebagai upaya tak kenal lelah dan bakti kepada Rakyat yang telah melahirkan dan membesarkan TNI khususnya TNI AD.

“Dengan program TMMD ini, TNI AD akan terus berupaya maksimal membantu pemerintah daerah mengejar ketertinggalan desa dibanding kota melalui percepatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur serta SDM (Sumber Daya Manusia) masyarakat pedesaan itu sendiri,” jelas Pgs Kapendam I/BB.

Pembangunan infrastruktur pedesaan seperti pembukaan jalan, jembatan dan jaringan irigasi pertanian, diakui Letkol Robinson Tallupadang merupakan target sasaran fisik setiap TMMD yang bertujuan meningkatkan akses transportasi dan distribusi barang dari pelosok desa ke sentra produksi.

“Dengan target demikian, maka pendapatan masyarakat pedesaan akan bertambah dan kesejahteraannya juga ikut terdongkrak,”.

Begitu juga dengan target sasaran non fisik berupa kegiatan bimbingan dan penyuluhan di berbagai bidang kepada masyarakat pedesaan.

Sasaran non fisik ini juga tak kalah pentingnya. Karena diharapkan akan mampu membangun dan meningkatkan kesadaran serta pemahaman masyarakat pedesaan sesuai materi yang diberikan.

“Salah satu materi penting dalam kegiatan non fisik ini adalah sosialisasi dan edukasi tentang wabah Covid-19 serta pendisiplinan masyarakat agar mematuhi Protokol Kesehatan,” pungkas Robinson.

Untuk diketahui, di wilayah Kodam I/BB, TMMD ke-110 TA 2021 ini dilaksanakan di enam Kodim. Yakni, Kodim 0209/Labuhanbatu, Kodim 0213/Nias, Kodim 0308/Pariaman, Kodim 0313/Kampar, Kodim 0318/Natuna, dan Kodim 0319/Mentawai. Red*

*Sumber: Pendam I/BB

Breaking News