oleh

Mulawarman Peduli, Babinsa Koramil 0909-02/Sangkulirang Pimpin Senam dan PBB

SANGATTA.ALTADURINUSANTARA.–  Puluhan Pelajar baik Putra maupun Putri mendapatkan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dari Babinsa Koramil 0909-02/Sangkulirang Babinsa Sertu Irsadul Ibad, yang bertempat dihalaman di SDN 003 Desa Bumi Rapat Kec. Sangkulirang Kab. Kutai Timur, Kamis ( 16/5/2019 ) Pagi.

Adapun materi yang diberikan oleh Babinsa antara lain PBB ditempat seperti sikap sempurna, istirahat, penghormatan, lencang depan, lencang kanan, hadap kanan-kiri, balik kanan, berhitung dan jalan ditempat, sedangkan berjalan diantaranya langkah biasa dan langkah tegap.

Sebelum kegiatan dimulai Babinsa terlebih dahulu memberikan kegiatan senam peregangan agar siswa-siswi segar dan mudah menerima pelatihan, kemudian dilanjutkan dengan materi teori serta praktek lapangan, supaya dapat tertanam jiwa disiplin yang baik.

Menurut Danramil 0909-02 Sangkulirang Kapten Cba Heru, Baris Berbaris adalah sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya sikap dan perilaku seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi, maka dengan demikian ini merupakan langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan suatu latihan awal untuk membela Negara.

Maksud dan tujuan dari pelatihan ini yaitu agar para pelajar mempunyai sikap jasmani yang tegap, tangkas, rasa persatuan, disiplin dan tanggung jawab, Ujarnya.

Lanjut, dengan dilatihkannya PBB tersebut, diharapkan dapat mengerti maksud dan tujuannya, sehingga nantinya mampu menerapkan disekolah maupun dilingkungan tempat tinggal masing-masing.

PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi, Tambahnya.

 

Sumber Penrem 091/ASN

Breaking News