oleh

Pangdam I/BB : Tangani Pencegahan Karhutla secara cepat, Tanggap dan Terkoordinasi

Altadurinusantara, Medan – Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin SIP, MM telah melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) untuk wilayah Kodam I/BB dengan para Danrem dan Dandim jajaran Kodam I/BB secara offline dan online melalui vidcon melalui ruang Bina Yudha Lantai II Makodam I/BB, Senin (1/3/2021).

Pangdam kembali menegaskan sesuai Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2020 pada saat Rapim TNI dan Polri beberapa waktu yang lalu tentang Penanganan Karhutla, maka untuk wilayah Kodam I/BB, para Danrem dan Dandim di Provinsi Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri agar dapat merespon dengan cepat dan tanggap apabila ditemukan hotspot pada areal karhutla sehingga api tidak membesar dan dapat dikendalikan.

Laksanakan upaya pencegahan, terkonsolidasi dan terkoordinasi dengan baik, deteksi secara dini dan monitoring area-area rawan hotspot, update informasi setiap hari sesuai kondisi di lapangan dengan memanfaatkan teknologi.

Mari kita dorong para stakeholder untuk merestorasi lahan gambut yang rusak akibat karhutla utk dapat kembali seperti sediakala dan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian berkaitan degan proses penegakan hukum para pelaku karhutla secara tegas tanpa kompromi, kepada siapapun yang melakukan karhutla baik konsesi milik koperasi maupun di masyarakat sehingga dapat memberikan efek jera, tegas Pangdam.

Turut mengikuti Rakor secara Vidcon, Kasdam I/BB, para Danrem Dam I/BB, Irdam I/BB, Kapoksahli Pangdam, Para Asisten, Para Kabalak, dan Dandim sejajaran Kodam I/BB. Red*

Sumber : Pendam I/BB

Breaking News