oleh

PENGABDIAN SATGAS PAMTAS YONIF 126/KC KEPADA KAMPUNG YABANDA DENGAN MENGHADIRKAN LISTRIK

Yabanda, ALTADURINUSANTARA.COM| Satgas Pamtas Yonif 126/KC kembali berhasil memperbaiki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang tidak berfungsi selama lebih setahun di Kampung Yabanda. Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Selasa (30/07/2019).

Komandan Satgas Pamtas Yonif 126/KC Letkol Inf Mulyo Junaidi mengatakan masyarakat di wilayah perbatasan Kabupaten Keerom yang menjadi wilayah penugasannya sudah lebih setahun ini hidup tanpa adanya pasokan listrik sebagian masyarakat menggunakan lampu Pelita dan bagi yang mampu menggunakan Genset pribadi yang harus mengeluarkan biaya mahal.

Kondisi ini akibat PLTS yang dibangun tahun 2016 dari program pemerintah yang ada di wilayah perbatasn RI-PNG sudah hampir lebih setahun mangkrak dan tidak lagi beroperasi karena tidak dilaksanakan perawatan dan tidak ada teknisi yang dapat memperbaiki ketika ada kerusakan yang mengakibatkan warga tidak mendapatkan aliran listrik

Untuk mengatasi kesulitan listrik di wilayah penugasannya yang merupakan kebutuhan mendasar dalam kehidupan sehari-hari. Dansatgas Letkol Inf Mulyo Junaidi membentuk Tim perbaikan PLTS yang rusak di wilayah penugasannya yang dipimpin Letda Chb F. Munthe beserta 5 orang personel.

Walaupun awalnya tim ini menemui hambatan untuk mencari komponen PLTS yang rusak, karena bantuan dan dorongan dari Dansatgas Letkol Inf Mulyo Junaidi, Tim ini dapat berhasil memperbaiki empat PLTS yang rusak.

Seperti halnya PLTS Kampung Yabanda sudah lebih setahun rusak yang merupakan satu-satunya harapan masyarakat Kampung Yabanda untuk mendapatkan pasokan listrik ke rumahnya yang jumlah penduduknya 180 KK.

Sudah setahun lebih PLTS ini rusak, Kampung Yabanda menjadi gelap, kami menggunakan lampu petromaks seadanya,  kegiatan sehari-hari terganggu, anak-anak tidak bisa belajar  ujar Bapak Alek sebagai Ketua RT.

Untuk memperbaiki PLTS Yabanda, Tim PLTS bekerja selama 5 hari dari mulai memeriksa PLTS dan mengganti komponen yang rusak seperti batere yang terbakar dan menyambung kembali instalasi listrik ke rumah masyarakat yang sudah sempat di putus.

Pada saat acara penyerahan kunci yang diserahkan Komandan Kompi Kapten Inf Jendakami Sembiring kepada Kepala Kampung Yabanda, masyarakat menyambut dengan suka cita dan mengucapkan puji syukur atas bantuan Satgas Pamtas Yonif 126/KC yang telah banyak memberikan bantuan yang bermanfaat kepada kampung mereka.

Kepala Kampung Bapak Anton mengucapkan terimakasih yang setingi-tingginya kepada Satgas Pamtas Yonif 126/KC yang telah memperbaiki PLTS, jika tidak ada Satgas mungkin PLTS ini tidak akan berfungsi lagi.

“Berkat bantuan yang iklas dan tulus dari Satgas Pamtas Yonif 126/KC, masyarakat dapat menikmati listrik kembali,’ujarnya dengan semangat.

Komandan Satgas Pamtas Yonif 126/KC Letkol Inf Mulyo Junaidi mengatakan perbaikan PLTS ini adalah bentuk pengabdian Satgas Pamtas Yonif 126/KC kepada masyarakat perbatasan yang merupakan beranda terdepan  dan ujung tombak dalam menjaga kedaulatan NKRI.

“Dengan perbaikan empat PLTS yang rusak, masyarakat di wilayah perbatasan telah dapat menikmati listrik dan kampung tidak gelap lagi,”kata Dansatgas.(Brt)

Breaking News