oleh

PERAN AKTIF BABINSA DALAM MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA

MADANI,  ALTADURINUSANTARA.COM – Babinsa Koramil 07/Reteh Serma Nofiandi mengikuti musyawarah perencanaan pembangunan desa kel madani kec Reteh Kab. Inhil, senin (20/1/2020).

Peran TNI melalui Satuan Komando Kewilayahan (Koramil) adalah salah satu pendukung program percepatan pembngunan di desa, sesuai tugas pokok selain perang yaitu membantu tugas pemerintah daerah sampai tingkat desa, membantu pemda dalam bidang pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kegiatan Musrenbang adalah forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan, untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran yang berjalan sesuai dengan tingkatannya.

Danramil 07/Reteh Kapten Arm Syahrul Effendi P mengatakan “Musrenbang merupakan wadah bagi desa dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada didesa itu sendiri dalam melaksanakan pembangunan.

Sebagai Babinsa yang selama ini sudah membaur dengan warga binaan, ini menjadi modal dalam memberikan masukan ataupun saran kepada kepala desa dalam merencanakan pembangunan di desa binaannya.

Hal ini seiring dengan tugas pokok TNI dalam Operasi Milter Selain Perang (OMSP) yaitu membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan, untuk lingkup Babinsa adalah di desa binaannya masing-masing.

Dimana seorang Babinsa diberikan kesempatan dan waktunya untuk mengikuti musyawarah rencana pembangunan desa, ini merupakan kepercayaan dari aparat pemerintah tingkat desa terhadap Babinsa dalam pembangunan di desa”, jelasnya.

Berkaitan dengan hal tersebut Babinsa Koramil 07/Reteh  Serma Nofiandi ikut hadir dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang dilaksanakan Musrenbang kelurahan Madani Tahun Anggaran 2020 bertempat di Aula kantor Lurah Madani Kec. Reteh Kab. Inhil.

Sebagai aparat kewilayahan Babinsa harus dan wajib mengetahui rencana pembangunan di desa masing-masing sehingga bisa koordinasi dengan aparat desa tentang segala apa yang mungkin hambatan timbul dan langkah-langkah antisipasinya.

Kegiatan ini dihadiri Camat Reteh diwakili Kasi perencanaan kec Reteh Sdra Yulianto.MM, Danramil 07/Reteh diwakili Babinsa kel Madani. Serma Nofiandi., Lurah Madani Sdra Suhirwan S.sos., Ketua Lpm kel Madani Sdra Hijaji SH., Ketua RT/ RW Sekelurahan Madani., Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda kel Madani. (Brt)*

Breaking News