oleh

Personel Koramil Waru Tes Urine Dikawal Propovst di Toilet

ALTADURINUSANTARA.COM. PENAJAM. – Dalam Program Satuan Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU) khususnya bidang P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika), kali ini tim mendatangi Koramil 0913-02/Waru yang bertempat di Aula Koramil 0913-02/Waru Jl. Provensi Kaltim Km 25 Kelurahan Waru Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara, Kamis (29/8/2019).

Tes urine yang diawasi Pasi Intel Lettu Inf Aluy berlangsung tegang, pasalnya puluhan prajurit TNI-AD yang diperiksa tak menyangka setelah apel mereka diwajibkan mengikuti tes urin. “Tes urin sengaja dilakukan mendadak yang tujuannya mengetahui ada tidaknya prajurit Koramil 0913-02/Waru menggunakan barang terlarang itu, kalau ada tentu akan dikenakan sanksi,” kata Pasi Intel.

Kegiatan ini juga Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Tidak hanya itu, tes urine juga dilakukan sebagai upaya untuk memastikan TNI bersih dari pengaruh narkoba dan penekanan kepada seluruh jajaran Kodim 0913/PPU bahwa pelanggaran P4GN merupakan harga mati bagi prajurit yang tidak bisa ditawar-tawar dan hukumannya pemecatan.

”Tujuan penyelenggaraan P4GN jajaran Kodim 0913/PPU ke satuan bawah sebagai bentuk kegiatan pengamanan personil anggota TNI guna mencegah penyalahgunaan narkoba, sehingga bisa terhindar dari pelanggaran,”ujarnnya.

Pelaksanaan P4GN selain dilaksanakan pada anggota Kodim 0913/PPU dan Jajaran juga dilaksanakan sosialisasi kesekolah Tingkat SMP dan SMA bekerjasama dengan Instansi terkait.

Pelacakan indikasi penggunaan narkoba di kalangan militer dilaksanakan dengan detail. Provos dan bagian Intel menguntit para prajurit yang tengah menyiapkan urine sampai ke kamar mandi. Dari hasil pemeriksaan tes urine tersebut, personel Koramil 0913-02/Waru tidak ditemukan adanya indikasi terhadap pemakaian narkoba dan dinyatakan negatif.

 

Sumber Penrem 091/ASN

Breaking News