oleh

Personel Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad, Asapi Rumah Warga

Pendiv2 , ALTADURINUSANTARA.COM – Di wilayah Indonesia bagian Timur merupakan salah satu daerah dengan tingkat kejadian malaria tertinggi. Penyakit yang disebabkan oleh parasit yang ditularkan dari nyamuk Anopheles ini cukup serius, hingga dapat menyebabkan kematian.

Danpos Ubrub lettu Inf Abdul Kartup mengatakan Informasi dari Ibu Alexandrina (Sandra) Kepala Tata usaha Puskesmas Ubrub menjelaskan dari Kampung Umuaf (salah satu Kampung terdekat dengan Puskesmas Ubrub) tercatat ada 171 orang yang berobat ke Puskesmas Ubrub selama tahun 2019 dan di nyatakan Positif terjangkit Malaria dari 446 orang Total jumlah penduduk Kampung Umuaf.

Sebagai salah satu upaya mencegah dan memberantas penyebaran bibit penyakit malaria, Personel Satgas Yonif Raider 509 Kostrad Pos Ubrub laksanakan pengasapan atau yang biasa dikenal Fogging disekitaran pos dan rumah-rumah warga di Kampung Umuaf, Distrik Web, Kab. Keerom, Papua. Minggu(2/2).

“Untuk mencegah berkembangnya nyamuk tersebut, prajurit melaksanakan fogging sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan penularan penyakit Malaria dan dilakukan secara terus-menerus”, ucap Katrub.

“Disamping melaksanakan fogging, prajurit Pos juga melaksanakan pembersihan sekitar lingkungan untuk mencegah berkembangnya nyamuk Anopheles”, imbuh Katrub.

Dilain tempat Dansatgas Yonif Raider 509 Kostrad Lerkol inf Wira Muharrohmah, SH.Psc menjelaskan, “Selain rutin dilakukan fogging, menggunakan lotion anti nyamuk dan memasang kelambu sewaktu tidur juga merupakan upaya untuk mencegah terjadinya gigitan nyamuk.

“Diharapkan melalui pengasapan tersebut, prajurit dan masyarakat yang berada disekitar pos terhindar dari penyakit malaria yang dapat mengakibatkan kerugian berupa kematian”, imbuh Dansatgas.

Breaking News