oleh

Prajurit Terima Sosialisasi Batas Negara di Wilayah Korem 091/ASN.

ALTADURINUSANTARA.COM.SAMARINDA. Ratusan Prajurit Jajaran Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) menerima sosialisasi batas Negara di Wilayah Korem 091/ASN dan sebagai pelaksana Dittopad (Direktorat Topografi Angkatan Darat) di Aula Wira Yudha Makorem 091/ASN Jl. Gajah Mada Kel. Bugis No 11 Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (26/9/2019).

Kegiatan ini diikuti dari satuan Korem 091/ASN, Yonif 611/Awang Long, Balak Aju jajaran Korem 091/ASN dan satuan yang berada di perbatasan diantaranya Kodim 0910 Malinau, Kodim 0911/Nunukan dan Kodim 0912/Kutai Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dittopad Mayor Ctp M Fuad Afrianto sekaliguis ketua Tim, Danramil 0912-01/Long Apari Mayor Inf Suhari,  Dittopad Kapten Ctp Eka, Pasi Ops Rem 091/ASN Kapten Inf Sitompul, Pasi Log Rem 091/ASN Kapten Inf Joko dan Dittopad Peltu Ali Fikri.

Sambutan dari Pasi Ops Rem 091/ASN Kapten Inf Sitompul menuturkan “Batas Negara kita saat ini dengan Negara tetangga sudah ditetapkan dan sudag clear, datanya tinggal di sebar luaskan agar semua aparat dan masyarakat mengetahuinya”.

Pasi Ops juga menambahkan “Sangat penting untuk kita ketahui semua batas Negara kita sehingga kita tidak keliru dan memasuki wilayah kedulatan Negara tetangga untuk selalu menjaga kondisifitas antara sesama negara tetangga”.

“Selalu menghormati batas Negara dan sudh menjadi harga mati untuk kita pertahankan”, tutupnya.

Dittopad (Direktorat Topografi Angkatan Darat) Mayor Ctp M. Fuad sekaligus mengisi sosialisasi “Mengucapkan terima kasih kepada Korem 091/ASN yang telah memberikan sambutan dengan baik karena walaupun sedang banyak kegiatan masih bisa menyempatkan waktu untuk melaksanakan sosialisasi batas Negara”.

Sosialisasi ini terselenggara agar kita dapat mengetahui data baru tentang batas dan patok perbatasan Negara dibeberapa daerah yang terdapat di wilayah Korem 091/ASN.

Penting untuk kita ketahui semua batas Negara kita sehingga kita tidak keliru dan memasuki wilayah kedulatan Negara tetangga untuk selalu menjaga kondisifitas antara sesama negara tetangga.

Perbatasan diwilayah Korem 091/ASN terbagai menjadi 2 bagian yaitu sektor barat dan sektor timur yang terdapat di dua Provinsi yaitu Kaltim di Kab. Mahakam Ulu (Mahulu) dan Kaltara di Kab .Malinau Dan Kab. Nunukan.

Sedangkan jumlah patok batas yg sekarang terpasang yaitu Pilar type A 7 buah jarak antara pilar sekitar 300 KM, Pilar Type B 38 buah jarak antara pilar sekitar 50 KM, Pilar type C 219 buah jarak antara pilar 5 KM, Pilar type D 12.013 buah jarak antara pilar sekita 200 meter.

Tugu pilar batas Korem 091/ASN memiliki Kodim yang berbatasan langsung dengan Malaysia yaitu Kodim 0910/Malinau, Kodim 0911/Nunukan dan Kodim 0912/Kutai Barat.

Pengamanan perbatasan wilayah darat NKRI dengan negara lain dilaksanakan dengan menempatkan satuan tugas Batalyon pengamanan perbatasan di sepanjang Perbatasan darat NKRI dengan negara lain di wilayah Korem 091/ASN terbagi menjadi dua sektor yaitu sektor barat dan sektor Timur yang saat ini bertugas Yonif R 600/Mdg Dan Yonif R 303/SSM.

Saat ini untuk kesepakatan Patok batas dengan Negara Malaysia yang sudah di sepakati bersama adalah sektor timur dan untuk sektor barat akan di tinjau bersama di usahakan bisa selesai secepatnya.

Sumber Penrem 091/ASN

Breaking News