oleh

Prajurit Yonif 141/AYJP Terima Pembekalan Tahap 1 CPTM FPC UNPCRS Sebagai Satgas UN PBB

ALTADURINUSANTARA.COM| Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 141/AYJP telah melaksanakan pembekalan Core Pre-Deployment Trainning Material (CPTM) dalam rangka kesiapan untuk melaksanakan Satgas UN yang dibawah naungan PBB dalam misi perdamaian dunia yang di kemas dalam Latihan Dalam Satuan (LDS), Sabtu (29/6/2019).

Adapun materi yang telah diterima peserta pembekalan sebanyak 27 materi diantaranya pengenalan Organisasi UN, Kebudayaan, Kesehatan, Misi Kemanusiaan dan Prosedur Tetap (Protap) penanganan konflik dalam suatu negara, akhir dari pembelajaran dan pembekalan materi 27 CPTM tersebut dengan hasil para peserta mampu dengan dilihat dari hasil Post Test akhir yang dilaksanakan.

Selama kegiatan kurang lebih dua minggu pembekalan diisi oleh instruktur dari PMPP TNI dan Mayor Arm M. Taher dan Tim yang telah lebih dahulu mengikuti TOT di PMPP TNI, para Instruktur ini telah beberapa kali mengikuti Penugasan Luar Negeri, seperti Mayor Arm M. Taher mengikuti Misi di Libanon, Mali dan pernah mengikuti seminar di Majelis Umum PBB, Mayor Inf Gunawan mengikuti misi di Libanon, Serka Nardi sudah empat kali mengikuti misi PBB, sehingga dengan pengalaman para Instruktur para peserta dapat menerima materi pembekalan dengan baik.

Akhir dari kegiatan dilaksanakan Post Test oleh Tim untuk mengetahui apakah para peserta menerima dengan baik 27 materi yang diberikan, selanjutnya dilaksanakan evaluasi kegiatan pembekalan selama lebih kurang 14 hari oleh Tim dari PMPP, dan kegiatan ditutup dengan Jam Komandan oleh Danyonif 141/AYJP Letkol Inf Aswin Suladi, S.E. M.Ak.

Danyonif 141/AYJP menyampaikan, bahwa para peserta yang akan melaksankan tugas perdamaian Satgas FPC UNPCRS harus mengetahui dan menyesuaikan diri dari situasi dan kondisi secara umum, termasuk adat dan budaya didaerah operasi, yang lebih penting memperdalam kembali pelajaran bahasa Inggris terutama para bagi para Perwira dan Bintara, karena masih ada beberapa tahap lagi kegiatan yang akan dilaksanakan. “Untuk itu para peserta harus menjaga kesehatan dengan membina fisik agar tetap bugar serta menghindari pelanggaran sekecil apapun karena para peserta harus menunjukkan bahwa dirinya memang prajurit yang professional”, terang Danyonif 141/AYJP.

Danyonif 141/AYJP juga berpesan kepada seluruh anggotanya agar selalu menjaga kekompakan dan mempedomani standar aturan yang telah ditetapkan UN (United Nations). “Misi kita tidak hanya membawa nama baik Yonif 141/AYJP tetapi secara umum membawa nama baik negara dan bangsa Indonesia”, tegasnya.

“Terimakasih tim dari PMPP TNI dan para Instruktur yang telah meluangkan waktunya secara khusus untuk memberikan materi, asistensi dan pengawasan dalam pembekalan ini, sehingga peserta mendapatkan bayangan apa yang akan diperbuat nantinya”, pungkas Letkol Inf Aswin Suladi, S.E., M.Ak.

Diakhir pertemuannya, seluruh personel lnstruktur, pengawas dari PMPP dan peserta pembekalan FPC UNPCRS melaksanakan foto bersama sebagai simbol dari kekompakan yang ada di Yonif 141/AYJP. (Red)