oleh

Program Unggulan, Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Panen Padi Bersama Masyarakat Kampung Batom Wilayah Perbatasan RI-PNG

Altadurinusantara, PEGUNUNGAN BINTANG – Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Batom menggelar panen raya padi bersama masyarakat kampung binaannya, gelar panen padi tersebut merupakan rangkaian kerjasama antara Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista dengan berbagi pihak baik dengan Pemerintah daerah setempat dan kelompok tani serta masyarakat setempat untuk suplai bahan pokok pangan bagi masyarakat Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Kamis, (18/11/2021).

Dansatgas mengungkapkan bahwa kegiatan panen raya ini merupakan wujud keseriusan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista dalam meningkatkan kerjasama dengan pemerintah kabupaten Pegunungan Bintang terutama di sektor pangan, kerjasama ini bertujuan agar perekonomian masyarakat di kalangan petani, khususnya di kampung Batom menjadi tumbuh dan berbanding lurus dengan terjaminnya stok beras yang di butuhkan warga di wilayah pegunungan bintang secara umum.

“Dengan panen raya padi, ini merupakan ikhtiar kita bersama semata-mata agar di satu sisi warga Batom mendapat stok bahan pokok pangan berupa beras, kemudian para petani di kampung Batom juga mendapat harga jual gabah yang lebih tinggi, sementara warga di wilayah pegunungan bintang mendapat harga beras yang terjangkau,” ucap Dansatgas.

Ditempat terpisah, Danpos Batom Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letda Inf Halis Didik T menuturkan bahwa kegiatan ini sebagai wujud nyata hasil dari upaya kita bersama antara prajurit Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Batom dengan pemerintah daerah setempat, kelompok tani dan masyarakat setempat serta berbagai pihak terkait, hal ini juga memberikan contoh kepada masyarakat bahwa lahan tidur yang ada disekitar lingkungan kita pun bisa menghasilkan kebutuhan pangan apabila diolah dengan baik sehingga dapat memasok kebutuhan pangan berupa beras selain sagu bagi masyarakat kampung Batom secara mandiri tanpa harus membeli.

“Dengan kerja keras kita bersama, mulai dari sosialisasi sampai dengan berbagi pengetahuan tentang cara mengolah lahan tidur menjadi lahan produktif pertanian, kita juga mengajarkan kepada masyarakat tentang cara menanam bibit padi dan perawatannya, sehingga kali ini kami bisa mengajak warga untuk bersama-sama panen padi yang merupakan hasil panen pertama bagi masyarakat kampung Batom,” tutur Halis.

Sementara itu, salah satu warga kampung Batom yang juga merupakan petani padi Bapak Edi Kasipdana (39) menyampaikan ucapan terimakasih banyak kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Batom karena telah membantu masyarakat Batom dengan mengenalkan, mengarahkan, mencontohkan dan membimbing serta mendampingi bagaimana cara bercocok tanam padi, merawat padi sampai dengan panen pertama.

“Kami masyarakat Batom sangat senang sekali dan berterimakasih kepada bapak-bapak TNI Satgas Pamtas Yonif 403 Pos Batom yang sudah rela mengajarkan dan membimbing kami masyarakat Batom untuk bisa menghasilkan padi di kampung Batom ini,” ucap Edi. (Pen Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP). Brt*

Breaking News