oleh

Rubah Paradigma Negatif, Koramil 402-09/Mesuji Bersama Warga Bangun “Rumah Jamur” Di Desa Sungai Sodong 

Ogan Komering Ilir, ALTADURINUSANTARA.COM|

Komando Distrik Militer (Kodim) 0402/OKI melalui Komando Rayon Militer (Koramil) 402-09/Mesuji bekerjasama dengan warga dan PT. Sampoerna Agro melaksanakan kegiatan pembuatan Kembung atau Rumah Jamur bertempat di Desa Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji Induk, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sabtu (29/6/2019).

Kegiatan yang telah dimuai sejak 24 Juni lampau, melibatkan beberapa warga Desa dan para anggota Babinsa Ramil 402-09/Mesuji yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf Riyandi yang diwakili oleh Komandan Koramil (Danramil) 402-09/Mesuji Kapten Inf Jauhari.

Menurut Danramil 402-09/Mesuji Kapten Inf Jauhari, kegiatan ini bertujuan untuk merubah paradigma negatif yang dikenal masyarakat luar sejak lama terkait Desa Sungai Sodong. “Ini adalah swadaya dari masyarakat dan dibantu oleh Koramil serta pihak ketiga, dalam hal ini PT. Sampoerna Agro. Kita lakukan agar masyarakat Desa Sungai Sodong lebih kreatif dengan usaha budidaya jamur, dan akan merubah kesan negatif yang selama ini didengar oleh masyarakat luar terkait Desa Sungai Sodong,” ungkapnya.

Danramil Mesuji menambahkan, pembuatan rumah jamur ini merupakan salah satu kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) yang dilakukan oleh Koramil 402-09/Mesuji, untuk memberdayakan masyarakat agar hidup lebih layak dengan memiliki usaha budidaya jamur. “Ini juga termasuk dalam kegiatan pembinaan Desa yang termasuk dalam wilayah teritorial Koramil 402-09/Mesuji, agar kedepan kehidupan masyarakat Desa menjadi lebih layak”, tambahnya.

Dirinya juga berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat di Desa Sungai Sodong mampu bersaing dengan Desa-Desa sekitarnya yang lebih maju. “Walaupun Desa Sungai Sodong letaknya sangat jauh dan merupakan daerah pelosok, kita berharap masyarakat akan memiliki usaha sendiri yang dapat menyejahterakan masyarakat itu sendiri. Dan bila contoh ini sukses akan diperbanyak lagi rumah-rumah jamur di tiap-tiap dusun yang ada di wilayah Desa Sungai Sodong”, tandasnya.

Breaking News