oleh

Rumah Baca Cakra Pertama Kali Di Kabupaten Mahakam Ulu

ALTADURINUSANTARA.COM.MAHAKAM ULU. Sesuai salah satu isi amanat dalam Pembukaan UUD NRI 1945 yaitu dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, Satgas Pamtas Yonif Raider 303/Setia Sampai Mati (SSM) selain menjadi guru di sekolah-sekolah perbatasan juga membuat program Rumah Baca. Rumah Baca yang diprakarsai oleh Satgas ini bermula dari perpustakaan keliling yang dinamakan “Si Maung” yang kemudian dikembangkan menjadi Perpustakaan dengan sebutan “RUMAH BACA CAKRA” yang didirikan di Kampung Batu Majang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan timur. Jum’at (14/02/2020)

Rumah baca Cakra ini di bangun guna meningkatkan khazanah keilmuan bagi masyarakat Batu Majang dan sekitarnya dan pada khususnya bagi anak-anak di Kampung Batu Majang.

Acara peresmian Rumah Baca Cakra ini dipimpin langsung oleh Dansatgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos., M.I.Pol. Acara peresmian ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mahakam Ulu, Danramil 0912-03 Long Bagun, Kapolsek Ujoh Bilang, Bapak Kepala Desa Batu Majang Bapak Yosef Merang, Bapak Ketua Adat Besar bapak Bahalan Tingai, Bapak Adat Kampung Batu Majang bapak Jambang, dan para pejabat Desa Batu Majang, Serta Kepala Sekolah dan para guru SD N 05 Batu Majang. Selain itu juga dihadiri oleh siswa-siswi SD N 05 Batu Majang, segenap lapisan masyarakat Batu Majang, serta para anggota Satgas Pamtas.

Dalam sambutannya Dansatgas menjelaskan bahwa “Rumah baca  ini merupakan kerjasama yang baik antara Satgas dengan masyarakat batu majang, dan dalam penyediaan buku kurang lebih 700 buku yang didukung oleh PT. Gramedia Asri Media (Kompas Gramedia Grup) yang pada hal ini buku tersebut di sebar ke tiap-tiap pos perbatasan Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad. Hari ini kami resmikan dan kami serahkan pengelolaannya kepada pemerintah Desa Batu Majang. Harapan kami dengan adanya Rumah Baca ini semoga dapat meningkatkan minat baca bagi generasi muda pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, selain dari teknologi, buku bacaan juga merupakan salah satu media dalam menimba ilmu”, Ujar Dansatgas

Dari perwakilan masyarakat, selaku Kepala Desa atau petinggi Batu Majang Bapak Yosef Merang menyampaikan bahwa Dalam UU desa setiap kampung harus memiliki taman baca, kami sangat mendukung atas prakarsa dari Satgas dalam membangun Rumah Baca. Terimakasih kepada Dansatgas dan para anggota Satgas atas program Rumah Baca ini. Kedepannya kami akan kelola dan akan kami kembangkan pembangunan Rumah Baca ini kedepannya serta akan kami lengkapi koleksi buku-buku di rumah baca ini agar lebih nyaman dimanfaatkan oleh warga dan anak-anak Batu Majang.

Dari pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Mahakam Ulu yang diwakili oleh Kasi Bidang pendidikan Dasar Dan Menengah yaitu Ibu Cecilia menyampaikan ucapan Terimakasih kepada Dansatgas selama ini dalam bidang pendidikan terutama Rumah Baca Cakra. Karena dalam pendidikan itu literasi itu sangatlah penting. Dengan adanya Rumah Baca Cakra ini kami harapkan dapat dimanfaatkan masyarakat secara maksimal, menumbuhkan minat baca dan membuka wawasan  masyarakat yaitu dengan buku sebagai jendela dunia.

“Kami dari dinas pendidikan, kami siap mensupport salah satu program pendidikan ini khususnya dalam pemenuhan literasi buku-buki rumah baca ini.” ujar Cecilia

Diketahui Rumah Baca ini merupakan hasil kerjasama antara Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM dengan masyarakat batu majang. Selain itu untuk buku-buku yang ada guna mengisi Rumah Baca Cakra ini didukung oleh PT. Gramedia Asri Media (Kompas Gramedia Grup) yang bekerja sama dengan Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM.

Runah Baca ini diresmikan dengan pemotongan pita oleh Dansatgas sebagai tanda telah disahkannya Rumah Baca Cakra ini bagi masyarakat.

Sumber Penrem 091/ASN

Breaking News