oleh

SATGAS 8 PENCEGAHAN KARHUTLA MELAKSANAKAN PATROLI DAN SOSIALISASI.

Kuala Lemang, ALTADURINUSANTARA.COM|

Dalam rangka pencegahan terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Indragiri Hilir akibat musim kemarau pada bulan Juli hingga Oktober 2019 Anggota koramil 07/Reteh dan anggota koramil 09/Slensen yang terbentuk dalam Satuan penugasan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Kritang kabupaten Indragiri Hilir menggelar patroli dan Sosialisasi Pencegahan Karhutla, kamis (18/7/2019).

Sersan kepala Edi Hartono sebagai Dantim 8 satgas pencegahan kebakaran hutan dan lahan mengatakan, “menurut ramalan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan terjadinya kemarau panjang dari bulan Juli hingga Oktober 2019. Maka untuk mengantisipasi terjadinya karhutla di Kabupaten Indragirihilir, Bupati telah menetapkan status siaga darurat bencana asap dan ditindaklanjuti dengan pembentukan satgas yang melibatkan seluruh stakeholder hingga elemen masyarakat.” Sebut Edi Hartono.

Upaya tersebut, terang sersan kepala Edi Hartono “menjadi bagian tak terpisahkan untuk mewujudkan keinginan Presiden RI, yakni dengan konsep zero karhutla di tahun 2019 ini. Oleh karena itu optimalisasi kinerja satgas ditentukan dari dukungan dan kerjasama seluruh unsur terkait. Mulai dari Pemerintah Daerah, forkopimda, kecamatan, desa hingga elemen masyarakat.”

Sersan kepala Edi Hartono mengungkapkan, keseriusan Pemerintah Pusat dalam pencegahan karhutla ini ditandai dengan pembentukan Satgas gabungan KARHUTLA yang di tempatkan di tiap-tiap wilayah seluruh Indonesia yang di anggap rawan kebakaran hutan dan lahan.

“Kami berharap masyarakat  dapat memahami dampak yang di timbulkan dari membuka dan membersihkan lahan dengan cara membakar dan berbagi informasi yang disampaikan oleh Tim Satgas bisa disampaikan lagi kepada masyarakat. Juga kepada Kepala Desa agar dapat memberikan pencerahan dan himbauan kepada masyarakatnya supaya tidak sembarangan membakar hutan dan lahan,” tutup Dantim 8 Satgas Gab Serka Edi Hartono.

Danramil 07/Reteh kapten Arm Syahrul Effendi, mengatakan  Dandim 0314/Indragiri Hilir telah menetapkan status siaga akan kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Indragiri Hilir, dengan membentuk Tim Satgas pencegahan kebakaran hutan dan lahan, Tim satgas ini bertugas untuk melaksanakan patroli dan mensosialisasikan akan bahaya dari membuka maupun membersihkan lahan dengan cara membakar hingga Oktober 2019. Kita lebih baik mencegah dari pada memadamkan.” pungkas kapten Arm Syahrul Effendi.(Brt)

Breaking News