oleh

Satgas Pamtas RI – MLY Yonif Raider 303/SSM Kostrad Menyiapkan 1200 Makan Siang Dan Malam Di Dapur Umum Guna Mengatasi Kesulitan Rakyat

KALTARA, ALTADURINUSANTARA.COM – Ratusan warga kehilangan tempat tinggal atas insiden kebakaran yang terjadi pada Senin siang, (20/01/2020) di Jalan Yos Sudarso Pasar Batu Kota Tarakan Kalimantan Utara. Sejumlah warga melihat kobaran api bermula disalah satu rumah warga, namun kencangnya angin bertiup mengarah ke laut dan merambat kebeberapa rumah sekitarnya.

Dengan adanya peristiwa tersebut, Anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad dipimpin Lettu Inf Ahmad Damin, S.T.Han jabatan Pasiminlog Satgas yang turut berpartisipasi di dalam Posko dan Dapur umum penanganan bencana kebaran (30/1) sebagai tindak lanjut penanganan di wilayah Kota tarakan.

Digelarnya dapur umum tersebut bertujuan untuk meringankan beban masyarakat pasca terkena musibah kebakaran yang melanda kawasan pasar batu Kota Tarakan, menjadi perhatian serius Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad yang menurunkan anggota pos perwakilan yang berada di kota Tarakan.

Sebagai langkah awal terhadap kemungkinan kebutuhan dan memudahkan akses bantuan berupa logistik dan obat-obatan maka pemerintahan kota Tarakan bersama TNI-Polri dan lapisan masyarakat lainnya, tidak ketinggalan Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad Mendirikan dapur umum. Pembentukan posko siaga bencana kebakaran merupakan langkah yang ditempuh Komandan Kodim agar dapat memberikan kemudahan kepada warga akan kebutuhan logistik serta kebutuhan lain.

Posko dan Dapur umum yang dibentuk ini akan mengkoordinir bantuan dan menginventarisir serta mendistribusikannya kepada warga masyarakat yang terkena bencana kebakaran. Selain menyediakan 1200 bungkus makan (600 bungkus makan siang dan 600 bungkus makan malam) Tujuan lain dibentuknya Posko dan Dapur umum tersebut untuk mensinergikan bantuan dan dropping dalam penanganan korban bencana. Guna menjamin keterpaduan dan kecepatan dalam pelaksanaan operasional kelancaran pelaksanaan penanggulangan bencana serta untuk peningkatan koordinasi secara terarah dan tepat sasaran.

Dibentuknya Posko dan Dapur umum ini dimaksudkan agar mempermudah pengendalian personel dan logistik ke masyarakat yang terkena bencana kebakaran sehingga akan dengan cepat penangangan terhadap korban bencana kebakaran.

Sumber Penrem 091/ASN

Breaking News