oleh

Semangat dan Antusias Dari Nelayan Emas Papua Saat Mengikuti Pelatihan

ALTADURINUSANTARA.COM|  PT MPM yang merupakan perusahaan Ikan yang berada di Ambon, kali ini ditunjuk sebagai perusahaan yang akan memberikan bekal ilmu di hari pertama  Peserta Pelatihan Nelayan Emas Biru Papua. Hari Pertama pelatihan inipun dilalui sangat antusias dan semangat oleh para peserta dalam memperhatikan materi yang didapat,  Jumat 26/04/2019.

Adapun untuk kegiatan hari pertama ini para peserta diawali dengan Makan pagi bersama di ruang makan Coolstorage PT MPM, lalu dilanjutkan dengan mengunjungi pelabuhan Ikan dan Mini Plain atau rumah seleksi di Laha.

Pembakalan pelatihan yang dipelajari saat berada di Pelabuhan adalah melihat proses pembongkaran dan pemindahan Ikan Tuna mulai dari Kapal yang berlabuh di Pelabuhan ke Armada pengangkut mobil dan dibawa kerumah seleksi, serta mendapat penjelasan tentang tehnik memancing ikan yang benar dari Kapten Kapal Bapak Cekyco.

Selain itu para peserta pelatihan juga mendapatkan pembekalan praktek yang dimbimbing oleh Bapak Abas saat berada di Rumah Seleksi Ikan, adapaun praktek yang didapat berupa proses pembersihan dan pemotongan seluruh sirip Ikan, melakukan pengecekan kualitas daging Ikan yang akan di sortir untuk dilakukan penjualan Ekspor ke Jepang atau pensortiran Ikan untuk dibawa ke Coolstrorage, melihat cara pembersihan darah-darah Ikan, melihat cara pencataan dan pendaataan adminstarasi dalam pelaksanaan pemuatan ikan yang berkualitas untuk diproses menjadi olahan prodak-prodak Ikan.

Kegiatan hari pertama ini dilaksanakan hingga siang hari atau sampai dengan selesai makan siang, selanjutnya para peserta akan kembali ke penginapan transit Paradiso sekaligus akan mendapatkan Briefing dari Bapak Patria, tak lupa juga Peserta Pelatihan didampingi oleh Bapak-Bapak TNI yaitu Kapten Inf Kadir selaku Pasiter dan Lettu Inf Ceko  S Kasrap selaku Dan BKI E.

Selanjutnya Peserta Pelatihan Nelayan Emas Biru Papua ini akan melanjutkan kegiatan di hari Kedua pada tanggal 27 April 2019 yang akan mempelajari proses packing Ikan Tuna Whole GG Fresh yang siap di Ekspor ke Jepang serta akan melaksanakan praktek di area luar.(Brt)

Breaking News