oleh

Serda Abdul Aziz melaksanakan komsos ke pengusaha tahu

Altadurinusantara.com| Berau, Babinsa Koramil 0902-04/Trd  Serda Abdul Aziz melaksanakan komsos ke pengusaha tahu, kapasitas produksi tahu sekitar 150kg/hari di kelurahan gayam.

Serda Abdul Aziz melihat langsung proses pembuatan tahu yang diproduksi/industri rumahan tersebut, pabrik pembuatan tahu ini adalah diketahui milik Serda Abdul Aziz warga kel. Gayam Jl. Milono RT  13 kel. Gayam Kec.Tanjung Redeb, “ternyata usaha ini telah ditekuni oleh bapak Agus selama 11 tahun sampai sekarang”, terang Serda Abdul Aziz

” Tahu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari Cina, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Pilih kedelai yang bersih dan besar ukurannya, kemudian cuci sampai bersih,” tutur Pak Slamet.

Pak slamet menerangkan secara garis besar proses pembuatan tahu ” rendam kedelai dalam air bersih selama 8 jam, usahakan seluruh kedelai tenggelam dalam proses perendaman ini kedelai akan mengembang, selanjutnya di bersihkan kembali kedelai dengan cara dicuci berkali kali, Usahakan kedelai ini sebersih mungkin untuk menghindari kedelai cepat masam.”jelasnya.

Lanjutnya, “Hancurkan kedelai dengan cara ditumbuk dan secara perlahan tambahkan air sedikit-demi sedikit sehingga kedelainya berbentuk bubur, Masak bubur kedelai dengan hati-hati pada suhu 70-80 derajat (biasanya ditandai dengan gelembung kecil yang muncul pada kedelai yang dimasak)”.

“Ingat untuk menjaga agar kedelai jangan sampai mengental, Saring bubur kedelai tersebut bersama batu tahu atau asam cukup, sambil diaduk secara perlahan. Proses ini akan menghasilkan endapan tahu (gumpalan)” terang pak Slamat.

Selain itu, Endapan kemudian siap untuk di press dan di cetak sesuai ukuran dan keinginan anda, Taruh di dalam cetakan, kemudian taruh pemberat yang berfungsi untuk menekan ampas supaya kandungan airnya benar-benar habis. Keluarkan tahu dari cetakan, potong sesuai selera, dan siap dikonsumsi, ” ungkapnya.

Menurut Serda Abdul Aziz tahu dibuat dari kedelai, sama seperti tempe. Perbedaannya adalah tidak ada proses fermentasi dalam pembuatan tahu, Bahan dasar dari kedelai ini membuat tahu kaya akan protein, zat besi, dan kalsium. Selain itu, tahu juga memiliki kelebihan yaitu kandungan lemak jenuh yang rendah, sehingga tidak perlu takut gemuk saat mengonsumsinya.”ucapnya.(Red)

Breaking News