oleh

Serda Supriadi “Tak bosan melaksanakan sosialisasi dan Patroli Karhutla”

Pelangiran, ALTADURINUSANTARA.COM. (12/09/19). Musim panas dan cuaca ekstrim  yang terjadi dibeberapa daerah di wilayah Indonesia sering terjadi, termasuk kebakaran hutan dan lahan, ada pula yang sengaja dibakar oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk membuka lahan pertanian atau perkebunan.

Dalam rangka mengantisipasi adanya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Inhil, Babinsa Tanjung Simpang Koramil 10/Pelangiran Kodim 0314/Inhil Serda Supriadi bersama dengan aparat pemerintah Kecamatan serta Manggala Agni ikut serta melakukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan di Desa Binaannya.

“Tak bosan-bosannya kita melaksanakan sosialisasi dan patroli karhutla, guna menghindari terjadinya kebakaran lahan dan hutan, ” sebut Babinsa saat dikonfirmasi awak Media ini.

Ditempat terpisah Danramil 10/Pelangiran Kapten Inf Efendi Sihombing menuturkan “Penyuluhan yang disampaikan oleh Babinsa Serda Supriadi   ini menitik beratkan tentang ajakan ataupun himbauan kepada warga Desa Tanjung Simpang agar tidak membakar lahan untuk pertanian, karena sanksi hukumannya sangat berat, termasuk asap yang ditimbulkan dari pembakaran hutan dan lahan sangat berbahaya bagi kesehatan.”

“Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh warga yang ada di wilayah Koramil 10/Pelangiran agar bisa menyampaikan kepada warga yang lain tidak membakar lahan untuk kepentingan pribadi, dan saya mengajak kepada warga secara bersama-sama menjaga wilayah khususnya di Desa Tanjung Simpang ini, ” jelas Danramil.

“Dan apabila ada melihat warga yang melakukan pembakaran lahan agar ditegur atau dilarang dan dilaporkan kepada aparat, Pembakaran lahan adalah perbuatan pidana sesuai dengan Pasal 50 ayat 3 huruf (d) UU No. 41 thn 1999 Tentang Kebakaran Hutan.” pinta Danramil. (RED,Brt)

Breaking News